Fransiscus, Petrus (2014) Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Multinasional Sebelum Dan Sesudah Akuisisi (Studi Pada Perusahaan Pengakuisisi Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2010-2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Memasuki era pasar bebas menyebabkan persaingan usaha diantara perusahaan-perusahaan yang ada semakin ketat. Kondisi demikian menuntut perusahaan untuk selalu mengembangkan strategi perusahaan agar dapat bertahan atau bahkan lebih berkembang. Untuk itu perusahaan perlu mengembangkan suatu strategi agar perusahaan bisa mengembangkan eksistensinya dan memperbaiki kinerjanya. Strategi yang tepat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perusahaan ditempuh dengan cara melakukan ekspansi baik itu internal maupun eksternal. Ekspansi internal dilakukan dengan menambah kapasitas produksi atau membangun divisi bisnis yang baru. Sedangkan ekspansi eksternal dapat dilakukan dalam bentuk penggabungan usaha. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder dengan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data 8 rasio keuangan dari lima perusahaan yang terdaftar di BEI. Data yang digunakan diperoleh dari Laboratorium Pojok BEI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji Paired Sample T-Test (uji Beda). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio keuangan perusahaan seperti Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Debt Ratio, Total Asset turnover Ratio, Return on Equity, Return in investment, Operating Profit Margin, Net Profit Margin. Hasil dari penelitian ini didapat delapan rasio keuangan yang diteliti dengan menggunakan uji beda, lima diantaranya tidak menunjukan hasil yang signifikan, karena nilai rasio yang ditunjukkan lebih baik saat sebelum melakukan akuisisi dibandingkan dengan setelah melakukan akuisisi. Debt to Equity ratio, Return on Equity dan Debt ratio adalah tiga diantara delapan rasio yang menunjukan adanya pengaruh yang signifikan setelah melakukan akuisisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada perusahaan yang akan menggunakan akuisisi sebagai salah satu strategi perusahaannya untuk dapat mengamati terlebih dahulu seluruh aspek dari perusahaan yang akan diakuisisi. Agar nantinya akuisisi yang dilakukan dapat memberikan dampak yang baik dan signifikan, juga dapat memberikan profit yang baik untuk perusahaan pengakuisi
English Abstract
Entering the era of free markets lead to competition among existing firms increasingly stringent. These conditions require companies to constantly develop corporate strategies in order to survive or even thrive. Therefore, the company needs to develop a strategy so that the company can develop its presence and improve its performance. Strategies in order to improve the companys growth reached by way of expanding both internally and externally. Internal expansion is done by adding production capacity or building a new business division. While external expansion can be done in the form of merger. This study uses a quantitative research using secondary data with statistical methods. The population in this study were all the data 8 financial ratios of the five companies listed on the Stock Exchange. The data used were obtained from the Laboratory of BEI Faculty of Economics and Business, University of Brawijaya. Analysis of the data used is the analysis of Paired Sample T-Test (Different test). Variables used in this research is the companys financial ratios such as current ratio, Debt to Equity Ratio, Debt Ratio, Total Asset turnover Ratio, Return on Equity, Return in investment, Operating Profit Margin, Net Profit Margin. The results of this study gained eight financial ratios studied by using different test, five of them did not show significant results, because the value of the ratio indicated a better time prior to the acquisition compared to after the acquisition. Debt to Equity Ratio, Return on Equity and Debt ratio is the ratio of the three out of eight showed a significant effect after the acquisition. Based on these results, it is suggested to companies that will use the acquisition as one of the companys strategy to be able to observe first of all aspects of the company to be acquired. So that later acquisitions made can give good impact and significant, also can give a good profit for the acquirer.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/800/051500549 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 29 Jan 2015 14:45 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 08:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116948 |
Preview |
Text
SKRIPSI_PETRUS FRANSISCUS.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |