Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Warga Temenggungan RT 10 RW 01 Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen Kota Malang yang Melakukan Keputusan Pembelian Indomie

Indahsari, RubiAyu (2014) Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Warga Temenggungan RT 10 RW 01 Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen Kota Malang yang Melakukan Keputusan Pembelian Indomie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan perdagangan antar merek produk lama dan kemunculan berbagai merek produk baru yang meramaikan persaingan pasar khususnya untuk kategori produk makanan cepat saji indomie. Penelitian ini diulas secara khusus, upaya yang dilakukan Indomie untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan cara membentuk dan meningkatkan ekuitas merek sekuat mungkin, karena ekuitas merek yang kuat dapat mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian dan menimbulkan loyalitas merek yang kuat terhadap produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel- variabel Kesadaran Merek (X₁), Persepsi Kualitas(X₂), Asosiasi Merek (X₃), Loyalitas Merek (X₄), secara simultan dan parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh, dengan jumlah sampel adalah 58 orang responden yang memutuskan membeli Indomie. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kesadaran Merek (X₁), Persepsi Kualitas(X₂) , Asosiasi Merek (X₃), dan Loyalitas Merek (X₄) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai F hitung sebesar 23,360 dengan signifikasi F < 0,05 (α = 5%) dan nilai adjusted R square 0,638 . Hal ini berarti variabel Ekuitas Merek memberikan konstribusi secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian sebesar 63,8% Sedangkan sisanya 36,2% akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Variabel Loyalitas Merek yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian sebesar 4,351 dan t tabel terhitung < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan dari Kesadaran Merek (X₁), Persepsi Kualitas(X₂), Asosiasi Merek (X₃), Loyalitas Merek (X₄) terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). 2) Variabel Loyalitas Merek (X₄) berpengaruh dominan terhadap terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Oleh karena itu disarankan kepada produsen Indomie dapat mempertahankan serta meningkatkan kerja terhadap loyalitas merek.

English Abstract

The emulation trading between old brand product and apparation of various new product brand which enlivening market emulation especially for fast food product indomie. This research is commented specially, with effort that been done indomie to hold up the position as market leader, with establish and increase brand equity as strong as possible, because the strong brand equity can push the consumer to make purchase decision and create a strong brand loyality to that product. The aim is to know and explain influence variables Brand Awareness (X1), Perceived Quality (X2), Brand Association (X3), Brand Loyality (X4), simultaneously and partially of The Structure of the Purchase Decision. Data Analyse that been used in this research is description and multiple linear regression. Sample technique is Saturation Sampling. The number of sample is 58 persons respondent who decide to buy Indomie. The result of thus research showed that Brand Awareness (X1), Perceived Quality (X2), Brand Association (X3), Brand Loyality (X4) have positive and significant influence simultaneously and partially of The Purchase Decision Structure with avalue of F calculated of 23,360 with a significance F < 0,05 (α = 5%) and adjusted R square value of 0,638. This means the ability of the Brand Equity variables contribute jointly to the Purchase Decision Structures value of 63,8% and the remaining 36,2%influenced by other variables not examined this study. Brand Loyality variable is the most influential significant of The Purchase Decision Structure 4,351 and t table < 0,05. The conclution of this research is 1) There is a significant influence of the variables Brand Awareness (X1), Perceived Quality (X2), Brand Association (X3), Brand Loyality (X4) simultaneously and partially of Purchase Decision Structure (Y). 2) Variable Brand Loyality (X4) is the dominant variable effecting on Purchase Decision Structure (Y). Therefore, it is advisable to Indomie can maintain and increase of the Brand Loyality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/793/051500364
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Jan 2015 10:18
Last Modified: 22 Oct 2021 23:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116939
[thumbnail of SKRIPSI_RUBI_FIA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RUBI_FIA.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item