Anggraini, Novita Eka (2014) Analisis Efektifitas Retribusi Pelayanan Pasar Tanjung dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu alternatif Pemerintah Daerah dalam menggali dana adalah dari sektor Retribusi. Sektor retribusi merupakan sumber penerimaan daerah yang terbesar di Kota Mojokerto dalam rangka menuju pembiayaan pembangunan daerah yang mandiri. Sektor perdagangan menjadi salah satu sektor terpenting di dalam roda perekonomian di Kota Mojokerto. Pasar Tanjung berkaitan penuh sebagai sentra perdagangan terpenting di Kota Mojokerto dan merupakan sarana perputaran uang yang cukup signifikan untuk penerimaan dari retribusi pelayanan pasar dan merupakan faktor penggerak perekonomian pasar di Kota Mojokerto. Pasar tanjung sebagai kelas I yang melayani kebutuhan masyarakat tingkat regional bahkan belum pernah mencapai target selama tahun anggaran 2009-2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar jumlah kontribusi Retribusi Pelayanan Pasar Tanjung untuk Pendapatan Asli Daerah Kota Mojokerto, mengetahui dan menghitung tingkat efektifitas pemungutan Retribusi Pelayanan Pasar Tanjung, serta menggambarkan laju pertumbuhan Retribusi Pelayanan Pasar Tanjung di Kota Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian ini adalah kontribusi Retribusi Pelayanan Pasar Tanjung dan perkembangan Retribusi Pelayanan Pasar dilihat dari Laju Pertumbuhannya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kontribusi Retribusi Pelayanan Pasar Kota Mojokerto dari tahun 2009-2012 selalu mengalami penurunan dengan kategori Sangat Kurang. Retribusi Pelayanan Pasar Kota Mojokerto di tahun 2009 tingkat kontribusinya untuk Pendapatan Asli Daerah hanya 1,7%; tahun 2010 1,5%; tahun 2011 1,1%; dan di tahun 2012 0,9%. Laju pertumbuhan Retribusi Pelayanan Pasar Kota Mojokerto tahun 2010 dan 2011 menunjukkan pertumbuhan yang negatif. Tahun 2010 laju pertumbuhan Retribusi Pelayanan Pasar Kota Mojokerto -0,93% dan tahun 2011 -4,4%. Tahun 2012 laju pertumbuhan Retribusi Pelayanan Pasar Kota Mojokerto mengalami peningkatan. Laju pertumbuhan Retribusi Pelayanan Pasar Kota Mojokerto tahun 2012 sebesar 9,7% dengan kategori Tidak Berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa efektivitas pemungutan Retribusi Pelayanan Pasar Kota Mojokerto tidak efektif. Hal itu dapat dilihat dari kontribusi dan laju pertumbuhan Retribusi Pelayanan Pasar Kota Mojokerto yang seharusnya dapat digali karena target Retribusi Pelayanan Pasar Kota Mojokerto sangatlah besar dan terdapat selisih yang sangat mencolok antara target dan realisasi yang dicapai Unit Pelaksana Teknis Dinas Pasar. Tidak tercapainya target dalam realisasi-realisasi tahun berjalan sebagian besar disebabkan adanya : Kurangnya penegakan PERDA, Kurang terpenuhinya sarana dan prasarana pasar khususnya pemeliharaan bangunan pasar agar tercipta kenyamanan pedagang dan pembeli, Kurang akuratnya data wajib retribusi, Penarikan retribusi hanya dilakukan pada pedagang pelataran pada radius 300 m (PERDA No. 14 Th. 2002), Kebersihan pasar kurang, Kurang tertibnya penataan pedagang pasar. Adapun saran-saran dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Retribusi Pelayanan Pasar Tanjung antara lain : Pemerintah Kota Mojokerto khususnya Unit Pelaksana Teknis Daerah Pasar melakukan pendataan ulang terhadap jumlah wajib retribusi, Upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dalam lingkup instansi yaitu dengan mengadakan diklat atau studi banding untuk saling menukar informasi dengan instansi luar daerah dan peningkatan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga dapat menciptakan aparat pemungut yang berkualitas dan inovatif, Unit Pelaksana Teknis Daerah Pasar sebaiknya memberikan penyuluhan atau sosialisasi terhadap wajib retribusi atau semua pedagang tentang pentingnya pembayaran retribusi guna memperlancar pembangunan daerah khususnya di Kota Mojokerto, Pemenuhan sarana dan prasarana pasar, serta Penataan dan Penertiban maupun relokasi pedagang pasar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/771/051500019 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 08:12 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 07:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116915 |
Preview |
Text
_NOVI,KOMPRE__Ringkasan,Summary,Kata_Pengantar,Daftar_Isi,_dll.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_novi_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_GANTI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_SKRIPSI_BARU.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |