The Availability of Traditional Market’s Facility and Its Effect on Quality of Public Service (A Study at Perak Traditional Market in Jombang

Putri, AnikaSunaryo (2014) The Availability of Traditional Market’s Facility and Its Effect on Quality of Public Service (A Study at Perak Traditional Market in Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya pendapat bahwa saat ini pasar tradisional secara potensi dan aktual mengalami kemerosotan kepercayaan mengarah pada trend yang negatif seperti kesan kumuh yang sudah mendarah daging pada masyarakat, semrawut, becek, panas, tidak aman, dan tidak nyaman. Untuk itu perlu adanya pembenahan faktor produk, faktor harga dan terutama faktor tempat yang mengarah pada fasilitas pasar agar menjadi tempat belanja yang bercitra positif dan dapat berpengaruh kepada meningkatnya kualitas pelayanan publik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 106 responden. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 pembeli. Responden adalah pembeli di Pasar Perak Kabupaten Jombang. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan pembuktian hipotesis melalui Uji-F (Simultan) dan Uji-t (Parsial). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kondisi pasar di pasar Perak masih layak untuk digunakan sebagai tempat berbelanja, akan tetapi sarana prasarana pasar tetap perlu ditingkatkan agar kualitas pelayanan publik pun tetap terus diperhatikan. Bukti fisik, Kehandalan, Daya tanggap, dan Jaminan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan publik di Pasar Perak Kabupaten Jombang. Selain itu variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan berpengaruh secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik di pasar Perak Kabupaten Jombang. Sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi kualitas pelayanan publik adalah bukti fisik pasar. Citra pasar tradisional yang kurang baik tersebut sudah seharusnya mendapat perhatian yang cukup besar. Pembenahan pasar tradisional seperti pembenahan faktor harga, produk, dan faktor tempat agar menjadi tempat belanja yang bercitra positif adalah suatu tantangan yang cukup berat. Aparatur negara dalam hal ini dititikberatkan kepada aparatur pemerintah hendaknya memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan penerima pelayanan, sehingga dapat meningkatkan daya saing pasar tradisional dalam pemberian pelayanan barang dan jasa.

English Abstract

The research was conducted based on the number of the opinion that the current traditional market in term of potential and the actual has declined of trust which leads to a negative trend as a seedy impression that is ingrained in society, chaotic, muddy, hot, insecure, and uncomfortable. For that, we need the improvement factor, factor prices and especially the factors leading to the facility where the market in order to be a positive shopping image and can affect the increased for service quality. This type of research used in this research is quantitative research. Types and sources of data used are primary data and secondary data. Data collection techniques in this research are 100 respondents which was taken through a questionnaire. The sample in this research consist of 100 buyers. Then, the respondents are buyers at Perak Traditional Market in Jombang. The technique of data analysis in this research is using descriptive analysis, multiple linear regression analysis and hypotheses verification through F-test (Simultaneous) and t-test (Partial). The result of this research indicate that the market conditions in Perak traditional market is still viable for use as a place to shop, but keep the market infrastructure needs to be improved so that the service quality also continue to be addressed. Tangible, reliability, responsiveness, assurance and jointly affect the service quality at Perak traditional market in Jombang. Moreover the variable of tangible, reliability, responsiveness, and assurance have partial effect on the service quality at Perak traditional market in Jombang. Meanwhile, the most dominant variable affecting the service quality is the tangible of the market. The unfavorable image of traditional market is already supposed to receive considerable attention. Settling traditional markets such as the improvement factor prices, products, and other factors that place into a positive image is a tough challenge. The government in this case, it emphasizes to provide the best possible service, oriented to the needs and satisfaction of service recipients, therefore, it can increase the competitiveness of traditional markets in the service delivery of goods and services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/77/051402237
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Apr 2014 09:20
Last Modified: 22 Oct 2021 22:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116913
[thumbnail of BAB_1_-_BAB_5_PDF.pdf]
Preview
Text
BAB_1_-_BAB_5_PDF.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of COVER_dan_lain-lainnya.pdf]
Preview
Text
COVER_dan_lain-lainnya.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item