Analisis Investasi Portofolio Saham Pasar Modal Syariah Dengan Model Markowitz Dan Model Indeks Tunggal (Studi Pada Saham Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Jakarta Islamic Index Di Bursa Efek Indonesia Periode Mei 2011 Sampai Dengan November 2013)

Pratiwi, Anggraini Eka (2014) Analisis Investasi Portofolio Saham Pasar Modal Syariah Dengan Model Markowitz Dan Model Indeks Tunggal (Studi Pada Saham Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Jakarta Islamic Index Di Bursa Efek Indonesia Periode Mei 2011 Sampai Dengan November 2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya return dan risiko yang melekat pada suatu investasi. Khususnya investasi di pasar modal syariah dalam bentuk saham. Risiko pada suatu investasi dapat diminimalkan dengan mendiversifikasikan aset ke beberapa jenis saham sehingga membentuk suatu portofolio. Pembentukan portofolio yang optimal dapat dilakukan dengan beberapa model, seperti Model Markowitz dan Model Indeks Tunggal. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan informasi dan wacana tambahan pada kajian pasar modal dan sebagai masukan bagi investor dalam rangka pengambilan keputusan investasi dalam bentuk saham. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang relevan untuk mendukung penelitian ini. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh saham yang terdaftar pada Jakarta Islamic Indeks (JII) dan menghasilkan sampel sebesar 16 perusahaan. Berdasarkan hasil analisis Model Markowitz dari 16 perusahaan menghasilkan 9 perusahaan sebagai portofolio optimal, sedangkan hasil analisis dari Model Indeks Tunggal menghasilkan 8 perusahaan sebagai portofolio optimal. Saham dengan proporsi dana terbesar Model Markowitz adalah PT Astra Agro Lestasri Tbk (AALI) merupakan saham yang mempunyai risiko tertentu dengan tingkat pengembalian tertentu dan saham dengan proporsi terbesar Model Indeks Tunggal adalah PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) merupakan saham dengan risiko individual terendah, dan pengaruh pasar tidak terlalu berdampak pada kinerja saham yang terpilih ke dalam portofolio optimal.

English Abstract

The study is done on the basis of the existence of return and risks attached to an investment. Particularly investment in capital market in the form of sharia share. Risk on an investment can be minimize by diversivication asset into some kind of the shares thus forming a portfolio. The formation of optimal portfolio can be done with some model such as Markowitz Model and Single Index Model. This research done to deliver information and discourse additional study on the capital market and as input for investors in the framework of investment decision making in the form of stock. Based on the Markowitz Model analysis of 16 companies produce 9 company as optimal portfolio while the analysis of Single Index Model produce 8 companies as optimal portfolio. Stock with the largest proportion of funds on Markowitz Model owned by PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) that have certain risks with repayment rate certain,while stock with the largest proportion of fund by Single Index Model owned by PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) which have lowest risk and the influence of market isn’t work anymore.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/737/051408156
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.152 Management of financial operations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 Dec 2014 10:36
Last Modified: 25 Nov 2021 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116877
[thumbnail of Skripsi_Fix7.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Fix7.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item