Reformasi Pelayanan Publik dalam Pembelian Tiket Kereta Api: Perspektif Public-Private Partnership (Studi Kasus di Stasiun Kota Baru Malang)

Sari, YolandaElokSamita (2014) Reformasi Pelayanan Publik dalam Pembelian Tiket Kereta Api: Perspektif Public-Private Partnership (Studi Kasus di Stasiun Kota Baru Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya perubahan pada sistem pembelian tiket kereta api, yaitu dengan cara online. Kebijakan pembelian tiket online ini berlaku di seluruh jaringan perkeretaapian karena merupakan satu komando. PT KAI melakukan kontrak kerjasama dengan berbagai pihak dan menghasilkan sistem transaksi jual-beli tiket dengan menggunakan aplikasi Railticket system. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis pelayanan pembelian tiket kereta api online. Fokus dari penelitian ini adalah kerjasama yang dilakukan PT KAI, dan prosedur pelayanan pembelian tiket kereta api dilihat dari perspektif public-private partnership, serta faktor pendukung dan penghambat yang terdapat dalam pelayanan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di Stasiun Kota Baru Malang. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, serta teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, serta catatan lapangan. Dalam menganalisis data, metode yang digunakan adalah model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pembelian tiket kereta api online ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan indikator pelayanan yang dibuat oleh pemerintah maupun Direksi PT KAI. Hal ini terlihat dari antusiasme pelanggan terhadap transportasi kereta api, pembelian tiket yang dapat dilakukan H-90 untuk kereta api jarak jauh, dan H-30 untuk kereta api jarak dekat. Kendati masih banyak pelanggan yang kurang informasi terhadap sarana dan agen resmi pembelian tiket kereta api online, namun pelanggan-pelanggan PT KAI tidak merasa kesulitan karena ada sarana yang lainnya. Selain itu untuk menghindari akses jaringan internet yang bermasalah, pelanggan lebih memilih untuk membeli langsung melalui loket stasiun. Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti terkait penghambat dalam Reformasi Pelayanan Publik dalam Pembelian Tiket Kereta Api: Perspektif Public-Private Partnership adalah perlunya menambah daya jaringan agar tidak terjadi gangguan ketika mengakses situs PT KAI yang disebabkan banyaknya pengunjung dari situs tersebut. Selain itu, sarana pembelian tiket untuk segera diperbanyak agar pelanggan lebih mudah mengaksesnya dan tidak terpaku pada pembelian di stasiun, dan juga terkait agen resmi PT KAI yang tidak banyak diketahui oleh pelanggan.

English Abstract

This study begins with a change in the system of train tickets purchase, by way of online. The online ticket purchasing policy applies throughout the railway network as it is a command. PT KAI did the contract with the various parties and result in transaction systems using application Railticket ticket system. The objective of this study is to describe and analyze the service purchase train tickets online. The focus of this research is a collaboration undertaken by PT KAI, and service procedures purchase train tickets from the perspective of public-private partnership, as well as enabling and inhibiting factors contained in the service. The research method used was a qualitative study, the research location in Kota Baru Malang Station. Source of data used consists of primary and secondary data, as well as data collection techniques done by interview, observation, documentation, and field notes. In analyzing the data, the method used is interactive model of Miles and Huberman. The results of this study indicate that the services purchase train tickets online is already well underway according to the service indicator made by the government and the Board of Directors of PT KAI. This is evident from the enthusiasm of customers to rail transportation, ticket purchases can be made D-90 for long-distance trains, and D-30 for a short distance trains. Although there are many customers who lack the means and information to the agency authorized the purchase of train tickets online, but customers of PT KAI had no difficulty because there are other means. In addition, to avoid the troubled Internet network access, customers prefer to buy directly through the station counter. The advice can be given by researchers linked inhibitor of Public Service Reform in Purchase Train Tickets: Perspectives Public-Private Partnership is the need to add to the network in order to avoid disruptions when accessing the website of PT KAI, which caused the number of visitors of the site. In addition, the means of ticket purchase to be propagated to customers more easily access it and do not get hung up on the purchase at the station, and is also related to the authorized agent of PT KAI is not widely known by customers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/705/051408052
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Dec 2014 10:17
Last Modified: 22 Oct 2021 22:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116841
[thumbnail of 0._COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
0._COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_YOLANDA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_YOLANDA.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item