Nazar, Fuad (2014) Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Motivasi Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt.Btpn Cabang Pakis Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Program pelatihan pada suatu organisasi atau instansi penting dilakukan untuk mencapai motivasi dan kinerja yang diharapkan. Pelatihan adalah merupakan proses peningkatan dan usaha untuk menyempurnakan bakat, ketrampilan, kecakapan, kemampuan dan keahlian karyawan dalam menjalankan tugas pekerjaannya serta guna mewujudkan tujuan perusahaan. Komponen pelatihan diantaranya adalah metode pelatihan dan materi pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh metode pelatihan terhadap motivasi, 2) pengaruh materi pelatihan terhadap motivasi, 3) pengaruh metode pelatihan terhadap kinerja karyawan, 4) pengaruh materi pelatihan terhadap kinerja karyawan, dan 5) pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. BTPN Cabang Pakis Malang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. BTPN Cabang Pakis Malang sebanyak 60 karyawan. Melalui analisis jalur, diperoleh hasil bahwa semua hipotesis pada penelitian ini diterima. Metode pelatihan (X1) mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi (Y1) dengan nilai koefisien path sebesar 0.453. Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 3.801 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 2.003 atau sig. sebesar 0.000 lebih kecil dibandingkan sebesar 0.05 menunjukkan bahwa metode pelatihan (X1) berpengaruh signifikan terhadap motivasi (Y1). Materi pelatihan (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi (Y1) dengan nilai koefisien path sebesar 0.347. Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 2.913 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 2.003 atau sig. sebesar 0.005 lebih kecil dibandingkan sebesar 0.05 menunjukkan bahwa materi pelatihan (X2) berpengaruh signifikan terhadap motivasi (Y1). Metode pelatihan (X1) mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja karyawan (Y2) dengan nilai koefisien path sebesar 0.289. Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 2.324 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 2.004 atau sig. sebesar 0.024 lebih kecil dibandingkan sebesar 0.05 menunjukkan bahwa metode pelatihan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y2). Materi pelatihan (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja karyawan (Y2) dengan nilai koefisien path sebesar 0.282. Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 2.373 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 2.004 atau sig. sebesar 0.021 lebih kecil dibandingkan sebesar 0.05 menunjukkan bahwa materi pelatihan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y2). Motivasi (Y1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y2) dengan nilai koefisien path sebesar 0.311 Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 2.520 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 2.004 atau sig. sebesar 0.015 lebih kecil dibandingkan sebesar 0.05 menunjukkan bahwa motivasi (Y1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y2).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/700/051408030 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Dec 2014 14:36 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 22:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116837 |
Preview |
Text
SKRIPSI_30.pdf Download (9MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |