Analisis Audit Operasional untuk Menilai Efisiensi dan Efektivitas Produksi (Studi pada Bagian Produksi PT Netania Kasih Karunia, Pasuruan, Jawa Timur

Sahara, RizkaIntan (2014) Analisis Audit Operasional untuk Menilai Efisiensi dan Efektivitas Produksi (Studi pada Bagian Produksi PT Netania Kasih Karunia, Pasuruan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat menyebabkan adanya perubahan besar dalam hal persaingan dalam bidang produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya dan sumber dana yang dimiliki oleh perusahaan, serta pengelolaan hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen dan perusahaan dengan para pesaingnya. Perusahaan manufaktur juga termasuk salah satu perusahaan yang dituntut untuk terus bertahan di tengah persaingan dengan perusahaan lainnya. Perusahaan manufaktur dalam menjalankan kegiatan operasionalnya sering dihadapkan pada persoalan-persoalan yang berhubungan dengan kebutuhan dan tuntutan konsumen mengenai kualitas dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan, kemudian perusahaan juga sering dihadapkan pada permasalahan tuntutan kenaikan gaji para karyawan, dan perusahaan juga dituntut untuk mengembalikan laba yang tinggi dalam tingkat pengembalian yang secepatnya. Berdasarkan pada permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya mengarahkan perusahaan pada gagasan mengenai efisiensi dan efektivitas produksi. Penerapan audit operasional pada bagian produksi sangat membantu dalam menggali informasi tentang efisiensi dan efektivitas kegiatan produksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah tahap audit pendahuluan, tahap review dan pengendalian manajemen, audit terinci (lanjutan), pelaporan, dan tindak lanjut. Penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2012 penggunaan bahan baku masih belum efisien, begitu juga dengan penggunaan tenaga kerja pada rentang tiga tahun tersebut juga masih belum efisien. Kapasitas menganggur dari mesin produksi dari tahun 2010 sampai dengan 2012 mengalami peningkatan sehingga menyebabkan penurunan efisiensi. Efektivitas penggunaan bahan baku, tenaga kerja, dan kapasitas mesin cenderung masih dibawah 100%. PT Netania Kasih Karunia sebaiknya mulai memperbaiki kembali sistem pengadaan bahan baku yang akan digunakan dalam kegiatan produksi, lebih cermat dalam pengadaan tenaga kerja pada bagian produksi, serta memperhatikan besarnya kapasitas menganggur dari mesin produksi dan menindak lanjuti rekomendasi yang telah dibuat oleh auditor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/657/051407771
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Nov 2014 13:56
Last Modified: 23 Oct 2021 05:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116788
[thumbnail of RIZKA_INTAN_SAHARA_(105030207111062).pdf]
Preview
Text
RIZKA_INTAN_SAHARA_(105030207111062).pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item