Pengaruh Iklan terhadap Brand Awareness dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2013 yang Menggunakan Pro

Kurnyawati, MelyndaDyah (2014) Pengaruh Iklan terhadap Brand Awareness dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2013 yang Menggunakan Pro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh iklan terhadap brand awareness; (2) pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi iklan, brand awareness, dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya angkatan 2012-2013 yang mengetahui iklan, membeli dan menggunakan sabun mandi Lifebuoy. Sampel sebanyak 102 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) variabel iklan (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel brand awareness (Y1) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,550 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) variabel iklan (X) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,147 dan tingkat signifikansi 0,092 (p>0,05); (3) variabel brand awareness (Y1) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,604 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pihak PT. Unilever Indonesia lebih memberikan inovasi dalam hal periklanan pada produk sabun mandi Lifebuoy untuk memicu keputusan pembelian.

English Abstract

This Research aims to: (1) investigate direct influence of advertising on brand awareness; (2) investigate direct influence of advertising on purchase decision; (3) investigate direct influence of brand awareness on purchase decision. The research method was conducted by explanatory research with quantitative approach. The variables in this research is advertising, brand awareness, and purchase decisions. The participants of this research are the students of the Faculty Administrative Sciences (FIA) Majoring Business Administration on Brawijaya University class of 2012-2013 who knows the advertising and using Lifebuoy soap. The total sample is 102 respondents with the sampling technique was employed purposive sampling and method of collecting data using poll. Analysis of the data in this research used descriptive analysis and path analysis. The results of path analysis shows that: (1) advertising (X) has direct influence on brand awareness (Y1); (2) advertising (X) has indirect influence on purchase decisions (Y2); (3) brand awareness (Y1) has direct influence on purchase decisions (Y2). Based on the results of this research, then suggested the company PT. Unilever Indonesia provide more innovation in terms of advertising on a product of Lifebuoy soap to trigger purchase decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/646/051407699
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Nov 2014 15:12
Last Modified: 23 Oct 2021 05:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116775
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item