Pelayanan e-KTP Dalam Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang)

Febrianto, Aditya (2014) Pelayanan e-KTP Dalam Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu studi yang menyoroti mengenai pelayanan di bidang administrasi kependudukan. Dengan semakin meningkatnya tingkat pertumbuhan penduduk diperlukan suatu sistem yang dapat mengelola data mengenai administrasi kependudukan. Pengelolaan mengenai administrasi kependudukan tercermin dalam penerapan sistem informasi administrasi kependudukan. Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan salah satunya adalah penerapan KTP Elektronik. KTP elektronik merupakan upaya dari pemerintah di dalam mengatur serta mengelola database kependudukan yang kemudian dapat diterapkan pada bidang pelayanan yang lain. Kota Malang dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi memerlukan sistem untuk mengelola database kependudukan, dengan demikian penerapan e-KTP di Kota Malang menjadi sangat krusial agar terwujud database kependudukan yang terpusat dan mempunyai sistem yang memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Upaya Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang dalam pelayanan program e-KTP. (2) Faktor apa sajakah yang menghambat pelayanan program e-KTP. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini meliputi: dasar hukum penerapan e-KTP, pemutakhiran data kependudukan, perekaman data e-KTP serta faktor penghambat pelayanan program e-KTP. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian bahwa penerapan e-ktp di Kota Malang telah berjalan dengan cukup baik. terlihat dari upaya yang berlangsung secara sistematis dari dispenduk mulai dari pemutakhiran data kependudukan, penerbitan Nomor Induk Kependudukan hingga proses perekaman data e-ktp .Namun di luar itu semua masih banyak kendala di balik penerapan e-ktp di kota malang.beberapa kendala yang di temui mulai dari sumber daya manusia yang terbatas, infrastruktur pendukung yang kurang maksimal hingga keterbatasan waktu yang dimiliki masyarakat dalam perekaman e-ktp. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dengan sosialisasi mengenai tujuan serta dasar hukum penerapan e-KTP kepada masyarakat dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan penerapan program e-KTP di Kota Malang.

English Abstract

Research is a study to highlight the service given in the demographic administration field. The increased population growth must be managed by a system which is able to process the data of demographic administration. The management of demographic administration reflects the application of demographic administration information system. The application of Demographic Administration Information System is through Electronic Identity Card (e-KTP). The e-KTP is a governmental effort to manage demographic database with the possibility to be applied into other service field. Malang City has high growth rate, and therefore, it needs a system with the ability of managing demographic database. It is then indeed that the presence of e-KTP in Malang City is very crucial to create the centralized demographic database and to produce a system which facilitates people to access the service. Problems determined in this research are: (1) the effort taken by the Demographic and Civil Registration Official of Malang City in servicing e-KTP program and (2) the factors constraining the service of e-KTP program. Research type is descriptive with qualitative approach. Some focuses of research are the legal base of the application of e-KTP, the updating of demographic data, the recording of e-KTP data, and the factors constraining the service of e-KTP program. Data sources are primary and secondary data. Data collection techniques are observation, interview and documentation, while data analysis technique is interactive model. Result of research indicates that the application of e-KTP in Malang City is quite good. It is shown by a systematic effort from the Demographic and Civil Registration Official of Malang City starting from the updating of demographic data, the issuance of demographic registration and the recording of e-KTP data. However, some factors are constraining the application of e-KTP in Malang City such as the limited human resource, the less maximum supporting infrastructure, and the limited schedule faced by the community in the recording of e-KTP. It is concluded that the socialization about the objective and the legal base of the application of e-KTP to the community can improve the participation of community in succeeding the application of e-KTP program in Malang City.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/627/051407587
Uncontrolled Keywords: pelayanan, administrasi, kependudukan, e-KTP, Malang; service, administration, demographic, e-KTP, Malang
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare > 353.59 Activities relating to population and settlement
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Nov 2014 08:50
Last Modified: 23 Nov 2021 15:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116755
[thumbnail of SKRIPSI_ADITYA FEBRIANTO.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ADITYA FEBRIANTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item