Analisis Kesiapan Administrasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Studi Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Asset Kabupaten Malang)

Tyasa, Iqbal Wilda (2014) Analisis Kesiapan Administrasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Studi Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Asset Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah mengatur tentang dilimpahkannya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan ke daerah. Atas hal tersebut Pemerintah Daerah perlu mempersiapkan segala aspek yang yang dibutuhkan untuk mengelola PBB P2. Tujuan dari penelitian ini adalah u ntuk menganalisis kesiapan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset (DPPKA) Kabupaten Malang dalam melaksanakan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian yang ditetapkan adalah tentang administrasi pemungutan PBB P2 dan tugas dan tanggung jawab DPPKA Kabupaten Malang tentang kesiapan pemungutan PBB P2. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang dipilih peneliti berupa pedoman wawancara dan form pencatatan dokumen. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan model Miles and Huberman. Teknik analisis data dengan model Miles and Huberman menggunakan tahapan reduksi data dilanjutkan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti dalam penelitian menemukan bahwa DPPKA Kabupaten Malang sudah menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki untuk mengelola PBB P2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah DPPKA sudah siap untuk mengelola PBB P2 walaupun masih terdapat beberapa kekurangan yang akan terus dievaluasi dan diperbaiki ke depannya. Saran yang bisa disampaikan peneliti adalah untuk memberikan dorongan kepada Bupati Malang untuk mengambil tarif 0,3%, memperbanyak kerjasama dengan Bank sehat dalam pembukaan rekening PBB P2, memindahkan ruangan Bidang Pendapatan II ke tempat yang lebih nyaman, mengirimkan pegawai Bidang Pendapatan II untuk pelatihan penilaian dan memisahkan tugas keberatan dan banding.

English Abstract

Law no. 28 year 2009 on regional taxes and retribution assign transferred to the region of tax land and property rural and urban sectors (PBB P2). Because of this Local Governments should prepare all aspects needed to manage the PBB P2. The purpose of this study was to analyze preparedness the Department of Revenue, Management, Finance and Asset (DPPKA) Malang Regency in implementing PBB P2. This study uses descriptive qualitative approach. Research focus is on the administration of the PBB P2 and duties and responsibilities of implementing PBB P2 on DPPKA Malang regency. This study uses data collection techniques such as interviews and documentation. Selected research instruments researchers is interview guides and form of document recording. Researcher used data analysis techniques with a model of Miles and Huberman. Data analysis techniques with a model of Miles and Huberman using data reduction stage continued with the presentation of the data and drawing conclusions. Researcher in the study found that DPPKA Malang regency has been performing it’s duties and responsibilities of implementing PBB P2. The conclusion of this study is DPPKA Malang regency ready to manage the PBB P2 although there are still some deficiencies that will continue to be evaluated and repaired. Suggestions a can be submitted researcher is to give impetus to Malang regent to take a 0.3% rate, increase cooperation at Bank account opening, move rooms Bidang Pendapatan II to room a more comfortable, send field officers Bidang Pendapatan II for trainings valuation and separating task objection and appeal.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/619/051407478
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.22 Real property taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Nov 2014 09:20
Last Modified: 23 Nov 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116744
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item