Pengaruh Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu),

Mareta, Emielia (2014) Pengaruh Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional (SPN) adalah dalam rangka meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. Hasil yang akan dicapai dengan diadakannya SPN yaitu memperluas basis pajak, meningkatkan kepatuhan penyampaian Surat Pemberitahuan, meningkatkan penerimaan pajak, memutakhirkan basis data, sosialisasi dan edukasi. Penjaringan Wajib Pajak baru ataupun Wajib Pajak yang lama untuk meningkatkan kepatuhan membutuhkan pelayanan yang berkualitas dari aparat pajak dan pengetahuan di bidang perpajakan yang lebih kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, kualitas pelayanan, pengetahuan pajak secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui dari variabel Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak, variabel mana yang paling dominan berpegaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian explanatory. Sampel penelitian yang digunakan adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar dan telah di SPN pada KPP Pratama Batu. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Hasil Uji Simultan diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 175.149 dan Ftabel sebesar 2,45 (Fhitung > Ftabel), yang dapat disimpulkan bahwa secara simultan pelaksanaan SPN, kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Hasil uji dominan dengan nilai Standardized Coefficients Beta, variabel pelaksanaan SPN sebesar 0,220, variabel kualitas pelayanan sebesar 0,275, pengetahuan pajak sebesar 0,617. Maka pengetahuan pajak merupakan variabel paling dominan berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Diharapkan pihak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu dapat meningkatkan pengetahuan Wajib Pajak. Peningkatan pengetahuan Wajib Pajak dapat diantaranya dengan merencanakan target per bulan dalam melakukan sosialisasi, penyuluhan peraturan perpajakan terbaru dan peraturan perpajakan yang lama dan aparat pajak lebih sering turun ke lapangan untuk memberikan edukasi secara mendalam.

English Abstract

National Tax Census is implemented to improve the obedience of taxpayers. The expected goals of National Tax Census include improving tax bases, increasing the obedience to submit Tax Annual Report, improving tax revenue, updating database, and socializing and educating taxpayers. New and old taxpayers are embraced into a database to increase the obedience but it still requires tax officers to have better service quality and good knowledge about a complex taxation affair. The first objective of research is to understand whether variables of National Tax Census implementation, service quality and tax knowledge are simultaneously influencing, in significant manner, the obedience of taxpayers. Second objective is to acknowledge which one from variables of National Tax Census implementation, service quality and tax knowledge is with the most dominant influence on the obedience of taxpayers. Research type is explanatory. The sample includes private taxpayers who are subjected to National Tax Census and registered at KPP Pratama Batu. Sampling method is non-probability sampling with accidental sampling technique. Data analysis method involves descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Result of research indicates that Fcount is 175,149 and Ftable is 2.45 (Fcount > Ftable). It is concluded that simultaneously, National Tax Census implementation service quality and tax knowledge have significant influence on the obedience of taxpayers. Result of dominant test with Standardized Coefficients Beta has indicated that National Tax Census implementation has beta of 0.220, while service quality and tax knowledge have 0.275 and 0.617 for their betas. Based on these results, it can be said that the most dominant variable influencing the obedience of taxpayers is tax knowledge. It is suggested that Tax Service Office of Pratama Batu shall improve tax knowledge of taxpayers. This improvement can be realized by setting a monthly plan which involves socializing tax regulation, counseling about the latest tax regulation compared to the old regulation, and sending tax officers to the field to provide deep education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/581/051407332
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2014 10:34
Last Modified: 23 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116701
[thumbnail of 051407332.pdf]
Preview
Text
051407332.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item