Analisis Business Process Reengineering Untuk Mengevaluasi, Merekayasa Ulang, Dan Memperbaiki Monitoring Kontrak Pada PT PLN (PERSERO) Distribusi Jatim Area Malang.

Wisayani, Ni Luh (2014) Analisis Business Process Reengineering Untuk Mengevaluasi, Merekayasa Ulang, Dan Memperbaiki Monitoring Kontrak Pada PT PLN (PERSERO) Distribusi Jatim Area Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang menyebabkan kurangnya tingkat efisiensi pada Proses Bisnis Monitoring Kontrak. Proses Bisnis Monitoring Kontrak adalah suatu proses yang ada pada PT PLN (persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu penyebab kurangnya efisiensi Proses Bisnis Monitoring Kontrak adalah masih terdapat proses yang dilakukan secara manual dengan dokumen yang dicetak dan didistribusikan antar divisi (paper-based process), padahal banyak divisi dan rekanan yang terlibat langsung dalam Proses Bisnis Monitoring Kontrak. Dengan menggunakan metode Business Process Reengineering (BPR) diharapkan dapat memberikan solusi tepat bagi permasalahan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan Proses Bisnis Monitoring Kontrak yang sedang berjalan saat ini, dengan memetakan proses yang ada, peneliti dapat mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada, serta memberikan rancangan proses bisnis baru berdasarkan solusi dari permasalahan-permasalahan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui proses wawancara dengan narasumber dari tiap-tiap divisi, observasi langsung beberapa proses yang ada, dan studi Pustaka mengenai Proses Bisnis Monitoring Kontrak. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi rancangan proses bisnis monitoring kontrak baru yang menunjukkan adanya penghematan waktu dalam Proses Bisnis Monitoring Kontrak. Salah satunya solusi dengan penggunaan Sistem Informasi terintegrasi antar divisi, menghapus proses yang tidak bernilai tambah (Non Value Added/ NVA), dll. Penghematan waktu ini akan menyebabkan penigkatan efisiensi Monitoring Kontrak pada PT PLN (persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang.

English Abstract

The research was conducted bybasis of the problems that led to a lack level of efficiency at Monitoring Contract Business Process. Monitoring Contract Business Process is a process at PT PLN (Persero) Malang Area, East Java to do their business. One reasons of the lack efficiency of Process Monitoring Contract Business there are some process done manually with documents printed and distributed among divisions (paper-based process), while there are many divisions and partners directly involved in Monitoring Contract Business Process. By using the Business Process Reengineering (BPR) is expected to provide the right solutions for existing problems. The objective of this research is to describe Monitoring Contracts Business Process ongoing at this time, by mapping existing processes, researchers can identify the problems that exist, as well as providing new business processes design based on the solution of these problems. Data collection techniques in this research is through a process of interviews with informants from each division, the direct observation of some existing processes, and literature study on Monitoring Contract Business Process. The results from this research are the design recommendations of new monitoring contract business process which shows the time savings. One of these solutions with the use of an integrated information system between divisions, removing non-value-added process (NVA), etc. This time savings will leadto increased efficiency Monitoring Contract at PT PLN (Persero) Distribution Malang Area, East Java.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/556/051407198
Uncontrolled Keywords: Business Process Reengineering (BPR), Proses Bisnis Monitoring Kontrak; Business Process Reengineering (BPR), Monitoring Contract Business Process
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Nov 2014 13:45
Last Modified: 19 Nov 2021 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116674
[thumbnail of Ni_Luh_Wisayani_105030200111046.pdf]
Preview
Text
Ni_Luh_Wisayani_105030200111046.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item