Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Kabupaten Malang (Studi Program TPST 3R Berbasis Masyarakat di TPST Mulyoagung Bersatu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang)

Mustofa, Tamtowil (2014) Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Kabupaten Malang (Studi Program TPST 3R Berbasis Masyarakat di TPST Mulyoagung Bersatu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah di Kabupaten Malang. Studi penelitian adalah pada Program TPST 3R Berbasis Masyarakat yang ada di TPST Mulyoagung Bersatu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Program ini menekankan kepada pengurangan sampah yang dibuang oleh individu, rumah, atau kawasan seperti RT atau RW dengan motede 3R berbasis masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian adalah implementasi Program TPST3R Berbasis Masyarakat di TPST Mulyoagung Bersatu yang meliputi: (a) Operasional dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat, (b) Kelembagaan, (c) Pendanaan, dan (d) Partisipasi dan Pemberdayaan dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Program TPST 3R Berbasis Masyarakat di TPST Mulyoagung Bersatu yang meliputi: (a) Faktor Pendukung dan (b) Faktor Penghambat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Malang dengan studi pada Program TPST 3R Berbasis Masyarakat yang ada di TPST Mulyoagung Bersatus udah dilaksanakan sesuai dengan prosedur. Akan tetapi dalam pelaksanaan program ini terdapat beberapa kendala yang bisa menghambat pengelolaan sampah berbasis masyarakat di TPST Mulyoagung Bersatu. Kegiatan operasional pengelolaan sampah sudah dilakukan dengan baik karena tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Dalam aspek kelembagaan, laporan yang dilakukan oleh TPST dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang masih belum dilakukan secara rutin. Tingginya biaya operasional yang tidak sebanding dengan penerimaan menjadi kendala utama dalam pelaksanaan program ini. Peran aktif masyarakat dalam bentuk partisipasi pembangunan TPST cukup tinggi. Akan tetapi partisipasi dalam penyampaian aspirasi dan pendapat masih rendah. Dalam implementasi kebijakan pengelolaan sampah, perlu adanya rewardbagi masyarakat yang melakukan pemilahan sampah dari sumbernya. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat agar masyarakat mau memilah sampah sejak dari sumbernya.Hal lain yang perlu diperhatikan dalam kebijakan pengelolaan sampah adalah dengan menerapkan penggunaan teknologi dalam pengelolaan sampah. Masalah sampah tidak akan bisa diselesaikan jika tidak menggunakan bantuan teknologi.

English Abstract

This research was conducted with the aim to describe the implementation of waste management policy in Malang Regency. The research study is on the Community-Based TPST 3R Program in TPST Mulyoagung Bersatu, Dau District, Malang Regency. This program emphasizes the reduction of waste that disposed of by the individual, home, or sector such as RT or RW with community-based 3R method. The type of research used in this research is descriptive qualitative. The focus of this research is implementation of Community-Based TPST 3R Program in TPST Mulyoagung Bersatu which include: (a) operational on community-based waste management, (b) institutional, (c) funding, and (c) participation and empowerment oncommunity-based waste management. Supporting and inhibiting factors on the implementation of Community-Based TPST 3R Program in TPST Mulyoagung Bersatu which include: (a) supporting factors and (b) inhibiting factors. The results of this research showed that the implementation ofwaste management in Malang Regency with studies on Community-Based TPST 3R Program in TPST Mulyoagung Bersatu was implemented according with the procedures. However, in the implementation of this program, there are several obstacles that could hinder the community-based waste management in TPST Mulyoagung Bersatu. The waste management operations have done well because of the availability of adequate facilities and infrastructure. In the institutional aspect, the report conducted by the TPST with the Department of Human Settlements and Rural Spatial Malang Regency has still not done routinely. The high operating cost that are not worth with the income became the main constraints in the implementation of this program. The active role of the community inthe form of participation in the construction of TPST is quite high. However, participation in the delivery of aspirations and opinions are still low. In the implementation of waste management policy, reward for the people who do the sorting of garbage from the source is needed. It is intended to motivate people to sort out the garbage from the source. Other thing must be note in waste management policy is to use technology in waste management. The waste management problems will not be resolved if the government doesn’t use the help of technology.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/546/051407162
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan,Pengelolaan Sampah,Kabupaten Malang; Policy Implementation, Waste Management, Malang Regency
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.9 Public administration of safety, sanitation, waste control > 353.93 Sanitation and waste control
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 31 Oct 2014 09:57
Last Modified: 19 Nov 2021 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116664
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item