Strategy Of Bank Sampah Malang (Bsm) To Empowering Commmunity Through The Waste Management Innovation

Thalanta, RinoOktatiansyahAdam (2014) Strategy Of Bank Sampah Malang (Bsm) To Empowering Commmunity Through The Waste Management Innovation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya anggapan dari masyarakat bahwa sampah adalah bahan sisa yang tidak bias dipakai lagi atau didaur ulang.karena selama ini sampah menjadi masalah utama yang dihadapi oleh kota besar di Indonesia. Terbatasnya pengetahuan masyarakat akan pengelolaan sampah dan sedikitnya peran serta masyarakat dalam mengelola sampah, menjadi alas an utama sampah tersebut menimbun dan menimbulkan masalah yang kompleks. Jika dilihat sampah sebenarnya dapat dijadikan bahan yang bernilai ekonomis dan juga dapat memberdayakan masyarakat. Untuk itu Bank Sampah Malang mempunyai strategi agar dapat memberdayakan masyarakat melalui inovasi pengelolaan sampah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data diperoleh melalui key informan atau narasumber yang terpercaya atau pengurus kelompok Bank Sampah Malang dan pengurus kelompok binaan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk instrument penelitian yaitu berupa peneliti sendiri, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Untuk metode analisi, peneliti menggunakan metode Miles dan Hubermman dengan metode analisis interaktif yaitu berupa reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi Bank Sampah Malang dalam memberdayakan masyarakat yaitu dengan adanya inovasi pengelolaan sampah, memberdayakan melalui pelatihan, dan bantuan dari pemerintah. Selain it, terdapat juga dalam mewujudkan kesejahteraan melalui inovasi pengelolaan sampah Bank Sampah Malang juga menggunakan tabungan untuk nasabah dan juga menyerap tenaga kerja di wilayah sekitar Bank sampah Malang. Selain itu juga terdapat kelompok binaan yang berhasil dalam mengimplementasikan pelatihan dan kegiatan pengelolaan sampah. Strategi yang dilakukan oleh Bank Sampah Malang dapat dikatakan berhasil, tetapi masih ada kendala yang menghadapi seperti masih banyaknya masyarakat yang belum sadar akan pentingnya mengelola sampah. Bank sampah Malang perlu terus menerus dalam melakukan sosialisasi agar kegiatan inovasi pengelolaan sampah ini dapat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat.

English Abstract

This research was conducted on the basis of the assumption of the public that the garbage is residual material that cannot be reused or recycled. Because during this time, garbage is becomes a major problem faced by large cities in Indonesia. Lack of public awareness of waste management and lack of participation from community in waste management, become the main reason of the garbage pile up and lead to a complex problem. When viewed, actually garbage can be change to the valuable material and also empower the community. For that, Bank Sampah Malang has a strategy to empower communities through innovative waste management activities. The research used the descriptive qualitative approach. Types and sources of data obtained through key informant or a credible source or group administrator and administrators Malang Garbage Bank guided groups. For data collection techniques are using interviews, observation and documentation. For a research instruments are namely: own researchers, interview and field notes. For the method of analysis, the researcher used a method Miles and Hubermman interactive analysis method namely: data reduction, data display and conclusion. The results of this study are the strategy Bank Sampah Malang in empowering the community with innovative waste management, empowering through training, and assistance from the government and BUMD. In addition, there is also the welfare through innovative waste management. Bank Sampah Malang are also use the savings to our customers and also provide employment in the area around the Bank Sampah Malang. There are also guided group succeeded in implementing training and innovation waste management activities. Strategy undertaken by the Bank Sampah Malang was successful, but there are still obstacles to face such as there are many people who do not realize the importance of managing waste. Bank sampah Malang are needs to continue in socialization in order to the innovation of waste management can be followed by all elements of society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/540/051407448
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.7 Environmental problems > 363.72 Sanitation > 363.728 Wastes > 363.728 8 Specific kinds of wastes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Nov 2014 15:36
Last Modified: 30 Dec 2020 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116658
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item