Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Sikap Penggunaan terhadap Minat Perilaku Penggunaan Billing System (Studi pada Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Malang Utara),

Andrian, Agus (2014) Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Sikap Penggunaan terhadap Minat Perilaku Penggunaan Billing System (Studi pada Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Malang Utara),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu bentuk reformasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak adalah menggunakan teknologi informasi dalam hal pembayaran pajak terhutang. Pembayaran pajak secara elektronik dikenal dengan istilah Billing System. Keputusan Jenderal Pajak Nomor KEP-359/PJ/2013 mengatur tentang penunjukan kantor pelayanan pajak dan Wajib Pajak dalam rangka uji coba penerapan sistem pembayaran pajak secara elektronik (Billing System) dalam sistem modul penerimaan negara. Penerapan Billing System yang masih dalam tahap uji coba dan merupakan sebuah hal baru bagi Wajib Pajak memerlukan penelitian lebih lanjut terkait penerimaan Wajib Pajak terhadap penerapan Billing System. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai model dasar pembentukan hipotesis. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, sikap penggunaan, dan minat perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan sikap penggunaan terhadap minat Wajib Pajak untuk menggunakan Billing System. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Malang Utara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data menggunakan program SPSS versi 21.0. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa semua hipotesis diterima. Hipotesis 1 menunjukan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi kegunaan. Hipotesis 2 menunjukan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap penggunaan. Hipotesis 3 menunjukan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap penggunaan. Hipotesis 4 menunjukan bahwa sikap penggunaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat perilaku. Hipotesis 5 menunjukan bahwa persepsi kegunaan berpegaruh secara signifikan terhadap minat perilaku.

English Abstract

One of the reformation that have been done by directorate general of tax is the use of information technology in terms of about payment of taxes payable. The payment of taxes electronically known with the term Billing System. General of tax’s judgement number KEP-359/PJ/2013 set about the appointment of tax office and taxpayers in order the trial of the application of the system of payment of taxes electronically (Billing System) in system module state income. The application of Billing System which is still in the testing phase and is a new thing for taxpayers requires further research associated the acceptance of taxpayers against the implementation of Billing System. This research uses TAM as a basic model of hyphothesis. The variable which are use in this research is perceived usefulness, perceived ease of use, attitude towards, and behavioral intention. The goal is to know perceived usefulness, perceived ease of use, and attitudes towards the use of the taxpayer’s interest to use the Billing System. This research uses descriptive method quantitative approach. Data collection is done using random sampling techniques. The data used are primary data obtained by using a questionnare. The subject of this research is the taxpayer listed on KPP Pratama North Malang. The sample used in this research amounted 100 respondents and data analysis using SPSS program version 21.0. The result of this research indicates that all the hypothesis are accepted. The first hypothesis shows that Perceived ease of use significantly influential to perceived usefulness. The second hyphotesis shows that perceived usefulness significantly influential to attitude towards. The third hyphotesis shows that perceived ease of use significantly influential to attitude towards. The fourth hypothesis shows that attitude towards significantly influential to behavior intention. The fifth hyphotesis shows that perceived usefulness significantly influential to behavioral intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/520/051407044
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Oct 2014 15:41
Last Modified: 08 Oct 2014 15:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116637
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item