Analisis Manajemen Piutang Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada PT. Varia Usaha Beton, Waru-Sidoarjo Periode 2013)

Hanifah, Yustin (2014) Analisis Manajemen Piutang Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada PT. Varia Usaha Beton, Waru-Sidoarjo Periode 2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cara untuk mengatasi pendatang baru dengan persaingan yang sehat, pada umumnya perusahaan melakukan penjualan kredit untuk dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan untuk menarik pelanggan-pelanggan baru. Tetapi penjualan secara kredit harus disertai dengan persyaratan atau penetapan jangka waktu pembayaran. Jangka waktu tersebut bertujuan agar pelanggan dapat membayar tepat waktu dan agar perusahaan terhindar dari kerugian akibat piutang tak tertagih. Penjualan kredit dapat juga memiliki resiko yang cukup tinggi apabila kreditur tidak dapat membayar pada jangka waktu yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sehingga penjualan kredit harus diikuti dengan usaha penagihan oleh perusahaan, agar perusahaan tetap dapat mempertahankan kegiatan operasional. Pada umumnya, perusahaan tidak hanya menginginkan efisiensi dalam pengelolaan piutangnya, melainkan juga efektif dalam penggunaan dana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pengelolaan piutang yang telah ditetapkan oleh perusahaan, apakah pengumpulan piutang sudah tepat waktu atau belum serta untuk mengetahui efisiensi pengelolaan piutang pada PT Varia Usaha Beton periode 2013 dalam meningkatkan volume penjualan. Lokasi penelitian yang dipilih dan digunakan untuk penelitian ini adalah di PT Varia Usaha Beton yang merupakan anak perusahaan dari PT Semen Gresik (Persero) Tbk yang bergerak dalam bidang industri hilir produk semen yang cukup handal dengan beberapa produknya antara lain Beton Siap Pakai, Beton Masonry, Beton Pracetak, dan Batu Pecah. Penjualan kredit pun tidak terlepaskan untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. PT Varia Usaha Beton yang telah berjalan lama mengalami masalah pada periode 2013, yaitu lambatnya perputaran piutang yang mengakibatkan tidak tercapainya target penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab tidak tercapainya target penjualan yaitu semakin lamanya perputaran piutang akibat kinerja bagian penagihan yang kurang maksimal. Perputaran piutang yang lama selain menyebabkan turunya volume penjualan juga dapat mempengaruhi hasil analisis rasio keuangan perusahaan. Solusi yang dapat disarankan oleh penulis yaitu dengan memberikan discountbagi pelanggan yang membayar kewajibannya lebih cepat dari jangka waktu yang telah ditetapkan. Hal tersebut menghasilkan perputaran piutang yang sesuai dengan harapan dan dapat berdampak positif dalam memperbaiki volume penjualan serta rasio keuangan perusahaan.

English Abstract

How to cope thenew arrivals with a healthy competition, companies generally conduct sales credit to be able to retain existing customers and to attract new customers. But sales credit must be accompanied by a requirement or determination the period of payment. That timeperiod was purpose at enabling customers to pay on time andin order for the company to avoid loss of accounts receivable is not collectible. Credit sales may also have a hight of risk if the lender cannot pay on time period set by the company. So credit sales should be followed by efforts to keep billing by the company, in order to can still maintain their operations. In general, the company not only wanted the efficiency in the management of accounts receivable, but is also effective in the use of funds. Purpose of this research is to know the performance management of accounts receivable has been established by the company, whether the collection of accounts receivable were timely or not and to know the efficiency the management of accounts receivable inPT Varia Usaha Beton in 2013 increasing the volume of sales. Selected research locations and used for this research in PT Varia Usaha Beton is a subsidiary of PT Semen Gresik (Persero) Tbk, whichbe active in the field of cement products downstream industries with some of its products among other, ready mixed concrete, concrete masonry, and crushed stone. Credit sales are not released to achieve the goals of the company. PT Varia Usaha Beton that have been long-running problem in the period of 2013, the problem is slow turnover of receivables which resulted in the achievement of a sales target. The results showed that the cause did not achieve the sales target, namely the duration accounts receivable turnover due to the performance of the lesser maximum billing. A long receivable turnover also causes decrease sales volume can also effect the company’s financial ratio analysis results. The solutions by the author that is by giving discount for customers who pay their obligations more quickly form a period that has been set. It generates turnover of receivable which corresponds to the expectations and can positively impact in improving sales volumes as well as the company’s financial ratios.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/514/051407018
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Oct 2014 08:49
Last Modified: 18 Nov 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116630
[thumbnail of yustin_1.pdf]
Preview
Text
yustin_1.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item