Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Restoran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi kasus pada Dinas Pendapatan Kota Batu),

Khuriyah, Laili (2014) Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Restoran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi kasus pada Dinas Pendapatan Kota Batu),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Otonomi daerah membawa banyak perubahan bagi daerah khususnya di bidang keuangan. Daerah dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari sumber-sumber penerimaan untuk membiayai pengeluaran daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan. Salah satu objek yang dapat digali adalah melalui pajak restoran. Pendapatan yang diperoleh dari penerimaan pajak restoran dari tahun 2009-2013 selalu mengalami peningkatan dan selalu dapat memenuhi target yang telah ditetapkan, sedangkan kontribusinya dari tahun 2009-2012 mengalami kenaikan tetapi pada tahun 2013 kontribusi terhadap PAD turun menjadi 3,82%. Pendapatan yang diperoleh dari penerimaan pajak restoran jumlahnya cukup besar sehingga diperlukan sistem yang efektif untuk mengelolanya. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran sistem pemungutan pajak restoran, dan mengetahui efektivitas sistem pemungutan pajak restoran di Dinas Pendapatan Kota Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan ialah menggambarkan sistem pemungutan pajak restoran dan analisis efektivitas sistem pemungutan pajak restoran. Hasil penelitian ini menunjukkan masih terdapat beberapa formulir yang seharusnya digunakan namun tidak digunakan, serta formulir yang kurang sempurna. Ditemukan pula perangkapan fungsi antara seksi pendaftaran dan pendataan serta pembukuan dan pelaporan. Efektivitas sistem pemungutan pajak restoran berdasakan waktu sudah cukup efektif karena waktu yang digunakan pegawai sudah sesuai bahkan kurang dari waktu pelayanan yang ditentukan menurut SOP. Beberapa alternatif pemecahan masalah yang dapat disarankan untuk mengatasi kelemahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah memisahkan antara fungsi pendataan dan pendaftaran, perlu adanya perbaikan pada formulir-formulir yang kurang sempurna, serta mengikutkan pegawai Dinas Pendapatan Kota Batu dalam pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pajak restoran.

English Abstract

Regional autonomy brings a number of changes to an area, especially in finance. An area is required to be more creative in searching sources of income to defray the area outcomes in executing government and development. One object which can be used is through restaurant tax. Revenue obtained from restaurant tax in the year 2009-2013 were increasing, and it could fulfill the required target. The contribution in the year 2009-2012 increased, but the contribution to own-source revenue decreased 3,82% in the year 2013. Revenue of restaurant tax is quite high, so that it needs an effective system to manage it well. This study is aimed at attaining an overview of restaurant tax collection system. Moreover, this research is also intended to get the information about the effectiveness of restaurant tax collection in Batu Revenue Office. This study is a descriptive-qualitative research. The data analysis used in this study was describing the restaurant tax collection system and analyzing the effectiveness of the restaurant tax collection system. The results of the study show that there are several unused and incomplete forms. In fact, the forms should be used well. The researcher also found double function between registration section, data collection section, accountancy, and report. The effectiveness of tax collection based on time is considered effective since it is not time-consuming for the employees. The service time used by the employees is even less than what is required by Standard Operating Procedure (SOP). There are several suggestions to solve some weaknesses found by the researcher. One suggestion is to separate the function between data collection and registration. Besides, several improvements are needed for incomplete forms. The last is to engage the employees of Revenue Office in Batu in several training related to restaurant tax.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/459/051406811
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2014 14:06
Last Modified: 22 Oct 2021 13:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116570
[thumbnail of 051406811.pdf]
Preview
Text
051406811.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item