Sistem Akuntansi Pengajuan dan Pelunasan Angsuran Kredit Usaha Rakyat Dalam Mencapai Tujuan Pengendalian Intern (Studi pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Malang Soerkarno Hatta

Mahardhika, SandraDewi (2014) Sistem Akuntansi Pengajuan dan Pelunasan Angsuran Kredit Usaha Rakyat Dalam Mencapai Tujuan Pengendalian Intern (Studi pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Malang Soerkarno Hatta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank adalah suatu badan usaha yang menghipun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman/ kredit. Salah satu jenis kredit adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kredit Usaha Rakyat adalah kredit/pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang feasible tapi belum bankable. Maksudnya adalah usaha tersebut memiliki prospek bisnis yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Malang Soekarno Hatta salah satu Bank yang memberikan jasa kredit bagi pengusaha besar, menengah maupun kecil dan salah satu kredit yang disalurkan adalah Kredit Usaha Rakyat. Kredit Usaha Rakyat ini mempunyai suku bunga yang ringan dan syarat yang mudah sehingga dapat membantu pengusaha untuk menambah modal usahanya, dalam pemberian kredit usaha rakyat ini diperlukan pengendalian intern yang baik sehingga kegiatan bank dapat berjalan dengan baik dan lancar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem akuntansi pengajuan dan pelunasan angsuran kredit usaha rakyat pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Malang Soekarno Hatta dan sistem akuntansi tersebut telah mencapai pengendalian intern. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana berupa menggambarkan keadaan sebenarnya berdasarkan fakta yang ada dan kemudian diolah menjadi data yang selanjutnya dianalisis sehingga diperoleh suatu kesimpulan. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Malang Soekarno Hatta adalah suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang perbankan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat kelemahan dalam prosedur pelaksanaan kredit usaha rakyat yaitu adanya perangkapan tugas pada bagian AO (Account Officer), AO yang melakukan kunjungan lapangan (on the spot) dan AO juga yang memberikan keputusan kredit tersebut, seharusnya disini terdapat bagian lain misalnya dapat dibantu oleh Pimpinan Cabang, disini terlihat bahwa pengendalian intern kurang berjalan dengan baik dan ini dapat menimbulkan kecurangan yang akan mengakibatkan kerugian pada bank.

English Abstract

Bank is a venture institution which collects the funding from the people in the form of saving and distributes this saving to people in the form of loan/credit. A form of credit is People Enterprise Credit. Indeed, People Enterprise Credit is a type of credit or financing given by the bank to Micro, Small and Medium Enterprises but characterized as feasible but not bankable. It means that the applicant must have good business prospect and have ability to do repayment. PT Bank Rakyat Indonesia (Limited), Tbk, Malang Branch Office of Soekarno-Hatta Road, is a bank which serves the credit of large, medium and small entrepreneurs. One credit is called People Enterprise Credit. This People Enterprise Credit has low interest rate and easy requirement which may help entrepreneurs to increase work capital. The issuance of people enterprise credit, therefore, needs good internal control to facilitate bank operation. The objective of research is to understand the accounting system of application and installment repayment for people enterprise credit at PT Bank Rakyat Indonesia (Limited), Tbk, Malang Branch Office of Soekarno-Hatta Road. In fact, this accounting system has reached the expected internal control. Research method is qualitative descriptive because research attempts to describe the actual condition based on the fact, to process the fact into data and to analyze the data to produce conclusion. PT Bank Rakyat Indonesia (Limited), Tbk, Malang Branch Office of Soekarno-Hatta Road is a business institution which moves within the banking sector. Result of research indicates that a weakness is found in the procedure of the issuance of people enterprise credit. The task assigned for AO (Account Officer) is overlapped. It seems that AO has to do field visit (on the spot) and AO also must make decision of credit. The Head of Branch shall support one either task because there is risk of poor internal control which causes potential fraud which then may result in loss for the bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/449/051406801
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Oct 2014 09:02
Last Modified: 22 Oct 2021 13:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116559
[thumbnail of 051406801.pdf]
Preview
Text
051406801.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item