Febryanti, Nur Azizah (2014) Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) Berbasis Industri Kreatif Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi di Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, UKM dan Kelurahan Kroman tentang Industri Kreatif di Sektor Kuliner Makanan/Jajanan Khas Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemerintah Kabupaten Gresik dalam rangka melakukan pembangunan ekonomi daerah di sektor industri kreatif pada tahun 2011-2015 menggunakan pendekatan PEL, dimana hal ini tertuang dalam misi Pemerintah Kabupaten Gresik tahun 2011-2015. Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) saat ini merupakan pendekatan dalam Pembangunan Ekonomi Daerah. Tujuan dari adanya PEL adalah untuk mengembangkan potensi daerah atau potensi unggulan berupa industri kreatif di sektor makanan/jajanan khas Gresik dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga, pembangunan daerah meningkat dan mencapai kemandirian daerah sebagaimana yang menjadi amanat Undang-Undang No. 32 Tahun 2004. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kualitatif dan hanya dibatasi pada dua fokus penelitian, yaitu (1) melihat Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) berbasis industri kreatif di sektor makanan/jajanan khas Gresik berdasarkan aspek kreasi/originalitas, produksi, distribusi, dan komersialisasi; (2) dampak Pengembangan Ekonomi Lokal dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan analisa data di lapangan yang digunakan adalah analis data Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sejauh ini Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) berbasis industri kreatif di sektor makanan/jajanan khas Gresik di Kelurahan Kroman dilakukan secara mandiri oleh masyarakat dan sedikit sekali peran dari pemerintah untuk mengembangkan potensi ini. Pengembangan industri kreatif di sektor kuliner makanan/jajanan khas Gresik meliputi aspek kreasi, produksi, distribusi, dan komersialisasi. Aspek kreasi dari industri kreatif ini muncul dari kreatifitas masyarakat yang diturunkan secara terun temurun. Aspek produksi dalam industri ini masih dilakukan secara tradisional untuk menjaga kualitas, dimana jaringan keluarga sangat berpengaruh selama proses produksi berlangsung. Aspek distribusi masih dilakukan secara konvensional walaupun sudah banyak masyarakat yang sudah mencoba cara modern. Sedangkan aspek komersialisasi dilakukan dengan cara mengikuti pameran-pameran yang diadakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Dampak dari adanya pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) berbasis industri kreatif di sektor makanan/jajanan khas Gresikm berpengaruh positif terhadap pendapatan masyarakat, dimana masyarakat mengalami peningkatan pendapatan hingga 100%. Selain itu, adanya industri ini di Kelurahan kroman memberikan lapangan pekerjaan baru, meningkatkan taraf hidup masyarakat Kelurahan Kroman. Namun, masih dibutuhkan peran pemerintah untuk memfasilitasi penerapan PEL di Kabupaten Gresik. Hal ini dikarenakan masih banyaknya masyarakat atau pelaku usaha yang membutuhkan perhatian dari pemerintah dalam rangka mengembangkan usaha yang sudah ada dan tidak terjadi monopoli oleh satu pihak saja.
English Abstract
Government of Gresik regency in order to do regional economic development in the creative industries sector at 2011-2015 using LED approach, whereas stated in Gresik Regency Government mission in 2011-2015. Local Economic Development (LED) is currently the approach in the regional economic development. The purpose of the PEL is to develop regional potential or the best potential in form of creative industry in the sector of food/snacks typical of Gresik in order to increase peoples income so that Regional development increases and achieve regional independency as being mandated in the Act No. 32/2004. This research uses explanatory research with qualitative approach and only limited on two focuses, which are (1) see the development of the local economy (LED) based on the creative industries in the Gresik traditional food/snacks sector based on aspects of creation/originality, production, distribution, and commercialization; (2) the impact of the development of the local economy in order to increase peoples income. Data source in this research which are primary and secondary data. While the data analysis that uses in the field is the data analysis of Miles and Huberman through stages of data collection, data display, data reduction and withdrawal of the conclusion. So far the development of the local economy (LED) based on the creative industries in the traditional food/snacks sector of Gresik regency in Kroman village conducted independently by the public and very few roles from the Government to develop this potential. The development of creative industries in the Gresik traditional culinary food/snack sector covering aspects of the creation, production, distribution, and commercialization. Creation aspect of the creative industry is emerging from the creativity of the people who descended from generation to generation . Production aspects in this industry is still done traditionally to maintain quality , whereas family networks is very influential during the process of production takes place. Distribution aspects still done conventionally even though many people have tried modern ways. While aspects of commercialization is done by following the exhibitions organised by the Government or private sectors. The impact of Local Economic Development (LED) based on the creative industries in the Gresik traditional food/snacks sector having the positive impact in society income, where the society income increased to 100%. In addition, the industry in the Kroman villag e is provide new jobs , improve peoples lives on Kroman village. However , the role of government is needed to facilitate the application of LED in Gresik . This is because there are many people or businesses that need the attention of the government in order to develop the existing business and not monopolize by one party only.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/443/051406695 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL), industri kreatif, makanan/jajanan khas Gresik; Local Economic Development (LED), creative industries, food/snacks typical of Gresik |
Subjects: | 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.73 Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 15:26 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 15:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116553 |
Preview |
Text
SKRIPSI_NUR AZIZAH FEBRYANTI.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |