Evaluasi Pengendalian Intern Terhadap Sistem dan Prosedur Pengajuan Pembayaran Klaim Asuransi Kebakaran (studi pada PT Asuransi Wahana Tata Jakarta),

Permana, HendyDwipta (2014) Evaluasi Pengendalian Intern Terhadap Sistem dan Prosedur Pengajuan Pembayaran Klaim Asuransi Kebakaran (studi pada PT Asuransi Wahana Tata Jakarta),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penduduk yang tersebar tidak merata menjadi salah satu permasalahan di Indonesia. Jumlah penduduk di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya tidak sebanding dengan luas wilayah kota besar yang ada di Indonesia. Bangunan-bangunan yang berhimpitan dan kurangnya sirkulasi udara pada bangunan kerap kali terlihat di kota besar. Hal ini menyebabkan resiko kebakaran menjadi semakin meningkat. Kebakaran yang mungkin terjadi menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Melihat fenomena tersebut PT Asuransi Wahana Tata Jakarta memutuskan untuk melahirkan produk asuransi kebakaran. Asuransi kebakaran bertujuan untuk menjamin kerugian atau kerusakkan atas harta benda yang disebabkan oleh kebakaran. Dalam kegiatannya, terdapat beberapa aktivitas yang cukup rawan akan penyimpangan sehingga diperlukan pengendalian intern yang baik. Objek penelitian ini adalah PT Asuransi Wahana Tata Jakarta. Data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Data primer di dapat secara langsung tanpa melalui perantara. Data sekunder melalui website. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur terhadap pengajuan pembayaran klaim asuransi kebakaran, serta untuk mengetahui pengendalian intern terhadap sistem dan prosedur pengajuan pembayaran klaim asuransi kebakaran pada PT Asuransi Wahana Tata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengangkat fakta/keadaan, fenomena yang terjadi ketika penelitian berlangsung dan menyajikan apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian intern pada sistem dan prosedur pengajuan pembayaran klaim asuransi kebakaran di PT Asuransi Wahana Tata Jakarta telah terlaksana dengan baik, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kelemahan yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Pengendalian intern pada sistem dan prosedur pengajuan klaim asuransi kebakaran pada PT Asuransi Wahana Tata perlu diperbaiki untuk meminimalisir terjadinya kerugian bagi perusahaan. Namun, pengendalian tidak dapat memberikan jaminan mutlak terhadap harta perusahaan tidak akan diselewengkan. Demikian juga terhadap tingkat ketelitian informasi yang dihasilkan tidak sepenuhnya mutlak.

English Abstract

One of the problems in Indonesia is the uneven spread of citizen. The amount of the citizen is not comparable with the area of the big cities in Indonesia such as Jakarta and Surabaya. Less air circulation and the buildings are built very close to another are common view in a big city. This tends to make the risk of fire bigger. Fire can make big financial loss, concerning on this phenomenon PT Asuransi Wahana Tata Jakarta decides to create Fire Insurance product. The aim of this product is to ensure financial and property loss because of fire. Practically, there tends to be a deviation occurred in some activities. Hence, good internal control is needed. The object of this analysis is PT Asuransi Wahana Tata Jakarta. The data are taken from primary and secondary data. The primary data are taken directly from PT Asuransi Wahana Tata Jakarta while the secondary data are taken from many websites. The aim of this analysis is to find out the system and the procedure on payment claim submission of Fire Insurance in PT Asuransi Wahana Tata not only in general but also in the internal control. This analysis uses descriptive method. This analysis is intended to expose facts and phenomena which occurred while the analysis is being done factually. The result of this analysis shows that the internal control of system and procedure on payment claim submission of Fire Insurance in PT Asuransi Wahana Tata Jakarta is very well. Somehow, there are some weaknesses in the system which can lead into loss for the insurance company. Maintaining the company control is actually needed to decrease the loss occurred in the company, yet it cannot guarantee that there will be no deviation in the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/441/051406677
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Oct 2014 14:59
Last Modified: 22 Oct 2021 13:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116551
[thumbnail of 051406677.pdf]
Preview
Text
051406677.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item