Pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Citra Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsultan Independen di Oriflame Cabang Surabaya)

Silvia, Fadilatul (2014) Pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Citra Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsultan Independen di Oriflame Cabang Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Citra Merek, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Keputusan Pembelian, dan (4) mengetahui dan menganalisis pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan konsumen Oriflame yang telah tergabung menjadi Konsultan Independen Oriflame Indonesia Cabang Surabaya di bawah jaringan Great One Club. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran Hijau secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Citra Merek. Citra Merek secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pemasaran Hijau secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pemasaran Hijau secara tidak langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek. Oleh karena itu Oriflame harus bisa mempertahankan dan meningkatkan Pemasaran Hijau yang diterapkan saat ini.

English Abstract

This research aims to: (1) identify and analyze the effect of Green Marketing on Brand Image, (2) investigate and analyze the effect of Brand Image on Purchase Decision, (3) investigate and analyze the influence of Green Marketing on Purchase Decision, and (4) determine and analyze the effect of Green Marketing on Purchasing Decisions through Brand Image. This type of research is explanatory research. The samples in this research were 100 consumers who have been joined into Independent Consultant Oriflame Indonesia in Surabaya under the Great One Club community. Method of data collection is questionnaires. The sampling technique used is purposive sampling technique. The data analysis is descriptive analysis and path analysis. The research result indicates that Green Marketing directly has a significant effect on Brand Image. Brand Image directly has a significant influence on the purchase decision. Green Marketing directly has a significant influence on the purchase decision. Green Marketing indirectly has a significant influence on the purchase decision through Brand Image. Therefore Oriflame should be able to maintain and enhance the applying of Green Marketing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/413/051406304
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Oct 2014 14:22
Last Modified: 22 Oct 2021 12:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116521
[thumbnail of 051406304.pdf]
Preview
Text
051406304.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item