Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Melalui e-Filing Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Sektor Publik (Studi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Ardhy, Fahreza Putra Pradana (2014) Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Melalui e-Filing Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Sektor Publik (Studi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia saat ini dapat dilihat sebagai negara yang berkembang. Dalam konteks negara berkembang, Indonesia masih perlu untuk lebih meningkatkan pembangunannya. Pembangunan tersebut bersumber pada pendapatan negara yaitu penerimaan pajak, penerimaan bukan pajak, dan hibah. Tetapi dalam prakteknya penerimaan pajak merupakan sumber pendapatan utama dengan nilai yang tinggi. Dalam penelitian ini berpijak pada pajak penghasilan dan pelaporan pajak penghasilan dalam SPT Tahunan. Situs dari penelitian ini adalah KPP Pratama Malang Selatan karena dalam laporan untuk wajib pajak yang terdaftar s.d 31 Desember dan melakukan pelaporan SPT Tahunan menggunakan e-Filing adalah diatas dari target yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan dibatasi dengan dua fokus yaitu (1) penggunaan teknologi informasi dalam pengisian SPT Tahunan melalui e-Filing sebagai upaya peningkatan pelayanan sektor publik di KPP Pratama Malang Selatan, (2) faktor yang dapat mendukung maupun menghambat penggunaan teknologi informasi dalam pengisian SPT Tahunan melalui e-Filing bagi Wajib Pajak di KPP Pratama Malang Selatan. Sedangkan analisa data di lapangan yang digunakan adalah analisa deskriptif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari penggunaan teknologi informasi dalam pengisian SPT Tahunan melalui e-Filing sudah cukup berhasil. Dapat dilihat dengan tingkat penggunaan e-Filing yang melampaui dari target yang telah ditetapkan. Lalu banyaknya wajib pajak yang merasakan lebih mudah dan cepat dalam menghitung dan melaporkan SPT Tahunan mereka. Selain itu juga wajib pajak menyadari akan kewajiban sebagai wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan tepat waktu. Tetapi masih juga terdapat beberapa kendala seperti masih ada wajib pajak yang bingung dengan e-Filing tersebut, adanya wajib pajak yang memiliki kesibukan pula, serta kurang meratanya sosialisasi yang dilakukan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah e-Filing dalam pengisian dan pelaporan SPT Tahunan menjadi cepat dan mudah. Tingkat efektivitas dan efisiensi bagi aparatur dan bagi wajib pajak dapat ditingkatkan. Selain itu saran dalam penelitian ini adalah lebih ditingkatkannya sosialisasi dalam hal penggunaan e-Filing. Lebih memaksimalkan e-Filing untuk tahun pajak yang akan datang

English Abstract

Indonesia currently can be seen as developing countries. In the context of developing countries, Indonesia still needs to improve the developing. The source of development is national income such as income tax, income non-tax, and grants. But in practice, income tax is the main source of national income with high amount. In this research based on income tax and reporting the income tax reporting on SPT Tahunan. The site of this research is KPP Pratama Malang Selatan because in reports for taxpayers who are registered until December 31, and do reporting SPT Tahunan use e-Filing is above the expected target. With the goal of seeing the use of e-Filing for measuring and reporting the Annual SPT. This research is descriptive research with qualitative approach, and is border with two focus are: (1) the use of information technology on filing SPT Tahunan using e-Filing in an effort to increase public sector services in the KPP Pratama Malang Selatan (2) factors that can be support or impede the use of information technology in the filing SPT Tahunan using e-Filing for tax payers in the KPP Pratama Malang Selatan. As for data analysis is descriptive analysis through the stages of data collection, data reduction, data presentation and collect the conclusion. The results from the use of information technology in the filing SPT Tahunan using e-Filing has been successfully. Can be seen with the use of e-Filing rate that exceeds a predetermined target of. Then many tax payers who feel easier and quicker in calculating and reporting their SPT Tahunan. In addition, taxpayers would be aware of the obligations as taxpayers to report SPT Tahunan on time. But there are also some problem such as there are tax payers feel confused with e-Filing, the existence of a taxpayer who has a busy activity, as well as less apportionment socializing done. The conclusion that can be drawn are, e-Filing in fill and reporting SPT Tahunan becomes quick and easy. The effectiveness and efficiency of the apparatus and for taxpayers could be improved. In addition to suggestions in this study is more increased socialization in how to use e-Filing. More on maximizing e-Filing for next tax years.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/405/051406296
Uncontrolled Keywords: Penggunaan e-Filing, Tanggapan Wajib Pajak; the Use of e-Filing, Taxpayer's Response
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Oct 2014 10:12
Last Modified: 16 Nov 2021 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116512
[thumbnail of Penggunaan_Teknologi_Informasi_dalam_Pengisian_Surat_Pemberitahuan_(SPT)_Tahunan_Melalui_e-Filing_Sebagai_Upaya_Peningkatan_Pelayanan_Sektor_Publik.pdf]
Preview
Text
Penggunaan_Teknologi_Informasi_dalam_Pengisian_Surat_Pemberitahuan_(SPT)_Tahunan_Melalui_e-Filing_Sebagai_Upaya_Peningkatan_Pelayanan_Sektor_Publik.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item