Evaluasi Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perspektif Perencanaan Strategis (Studi pada Pelaksanaan Program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Kabupaten Gresik )

Katresnawati, Iga Arti (2014) Evaluasi Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perspektif Perencanaan Strategis (Studi pada Pelaksanaan Program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Kabupaten Gresik ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai tugas tanggungjawab sosial PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. di Kabupaten Gresik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran Tim Koordinasi CSR Bappeda dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. di Kabupaten Gresik. Serta penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Kabupaten Gresik dengan menggunakan perspektif perencanaan strategis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui proses wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mempunyai tiga fokus penelitian yaitu yang pertama adalah pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Kabupaten Gresik yang dilihat dari segi BUMN dan kebijakannya, praktek Good Corporate Governance (GCG), rencana strategis perusahaan, proses pemberdayaan masyarakat, optimalisasi sumber daya alam dan lingkungan serta anggaran. Fokus kedua adalah peran tim koordinasi CSR Bappeda Kabupaten Gresik yang meliputi kebijakan, tim koordinasi program tanggungjawab sosial perusahaan, CSR dan pembangunan daerah Kabupaten Gresik, serta bentuk kegiatan CSR dan PKBL PT Semen Indonesia. Fokus yang terakhir adalah evaluasi pelaksanaan CSR PT Semen Indonesia dengan menggunakan 8 tahapan perencanaan strategis yang telah dimodifikasi menjadi 8 indikator evaluasi strategis diantaranya adalah evaluasi berdasarkan tinjauan mandat organisasi; evaluasi berdasarkan kesepakatan dan negosiasi strategis; evaluasi berdasarkan visi dan tujuan organisasi; evaluasi berdasarkan misi organisasi; evaluasi berdasarkan perumusan, pengelompokan dan pengelolaan isu-isu strategis; evaluasi berdasarkan rumusan strategi untuk mengelola isu; evaluasi berdasarkan analisis SWOT dan yang terakhir evaluasi berdasarkan penilaian dan pendapat masyarakat. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan program CSR PT Semen Indonesia yang dilihat dari enam segi yang telah dikemukakan dinilai sudah cukup baik dan sesuai dengan unsur-unsur dari beberapa konsep seperti konsep CSR itu sendiri, konsep community development (Comdev), sustainable development, dan GCG. Kemudian peran dari pemerintah yang berupa tim koordinasi CSR Kabupaten Gresik juga sangan membantu dalam menjembatani program CSR PT Semen Indonesia dengan masyarakat sehingga meminimalisir ketimpangan dan vi memaksimalkan kesetaraan. Yang terakhir, hasil yang positif juga ditemukan dalam mengevaluasi program CSR PT Semen Indonesia dalam perspektif perencanaan strategis. Tujuh dari delapan indikator yang ada menunjukkan pelaksanaan program yang cukup baik sedangkan sisanya yaitu indikator dari analisis SWOT menyatakan bahwa dalam mengidentifikasi masalah atau isu CSR, analisis ini sebaiknya digunakan oleh PT Semen Indonesia untuk memaksimalkan identifikasi faktor eksternal dan internal perusahaan terkait CSR.

English Abstract

This study aims to describe and analyze the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) as the task of the social responsibility of PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. in Gresik regency. This study also aims to describe and analyze the role of CSR Bappeda Coordination Team in the implementation of its Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. in Gresik regency. As well as this study aims to describe and analyze the evaluation of the implementation of its Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk in Gresik using strategic planning perspective. The method used in this study is qualitative descriptive approach. Data obtained through the interview process and documentation. This study has three research focus is the first implementation of its Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Gresik is seen in terms of SOE and its policies, practices of good corporate governance (GCG), the companys strategic plan, the process of community development, optimization of natural resources and the environment and the budget. The second focus is the role of coordinating the CSR team Bappeda Gresik which include policy, program coordination team of corporate social responsibility, CSR and Gresik regency regional development, as well as forms of CSR activities and CSR PT Semen Indonesia. The focus of the latter is the evaluation of the implementation of CSR PT Semen Indonesia using 8 stages of strategic planning that has been modified into eight strategic evaluation indicators are the evaluation based on the mandate of the organization; evaluation based on agreements and strategic negotiation; evaluation based on the vision and goals of the organization; evaluation based on the mission of the organization; evaluation based formulation, grouping and management of strategic issues; evaluation based on the formulation of strategies for managing issues; SWOT analysis and evaluation based on the last evaluation and assessment based on public opinion. The result of this research is the implementation of the CSR program of PT Semen Indonesia as seen from the six terms that have been proposed is considered to be quite good and in accordance with the elements of some concepts such as the concept of CSR itself, the concept of community development (Comdev), sustainable development, and corporate governance. Then the role of the government in the form of team coordination Gresik CSR partner also helps in bridging the CSR program of PT Semen Indonesia with the community to minimize inequalities and maximize equality. The latter, positive results were also found in the evaluation of PT Semen Indonesias CSR programs in strategic viii planning perspective. Seven of the eight indicators that demonstrate the implementation of the program there is a pretty good indicator that while the rest of the SWOT analysis states that in identifying problems or issues of CSR, this analysis should be used by PT Semen Indonesia to maximize the identification of external and internal factors related to CSR.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/403/051406294
Uncontrolled Keywords: CSR, Perencanaan Strategis, Evaluasi Program, PT Semen Indonesia; CSR, Strategic Planning, Program Evaluation, PT Semen Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.39 Managing executive personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Oct 2014 09:22
Last Modified: 16 Nov 2021 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116509
[thumbnail of Skripsi_Lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Lengkap.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item