Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)

Mudhalifah, Siti (2014) Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang adalah organisasi publik yang berperan penting dalam penyelenggaraan layanan kependudukan di Kabupaten Malang. Pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka melayani masyarakat. Untuk membantu berbagai pekerjaan mengenai pendaftaran kependudukan yang sesuai dengan berbagai standar yang diperlukan maka pemerintah membuat suatu sistem baru yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah (1) Implementasi sistem informasi administrasi kependudukan (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri yang dibantu oleh interview guide, file note, dan alat tulis. Metode analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan yang diberikan dengan adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dapat dikatakan baik, karena mekanisme pelaksanaan pelayanannya sudah jelas dan adanya sarana dan prasarana yang mendukung proses pelaksanaan pelayanan guna meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan. Saran yang direkomendasikan adalah agar pihak dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang khususnya bidang administrasi kependudukan terus melakukan pengembangan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana penunjang layanan kependudukan

English Abstract

Department of Population and Civil Registration Malang is a public organization that has an important role in the organization of the service society in Malang. Public services in the field of population administration is the duty of public service performed by the local government in order to serve the public. To assist various jobs completion in population registration that according the standards require, the government create a new system that called Society Administration Information Systems. This study aims to describe and analyze the implementation of the Society Administration Information System to improve the quality of public services and to identify and analyze the factors that supporting and inhibiting the implementation of the Society Administration Information Systems at Department of Population and Civil Registration Malang. This study uses descriptive qualitative approach. The focus of this study were (1) Implementation of society administration information system (2) the supporting factors and obstacles in the implementation of society administration information system. Source of data used is primary and secondary data. Techniques of data collection is interview, observation and documentation. The research instrument used is the researchers themselves who is assisted by an interview guide, field notes, and stationery. Data analysis method includes data reduction, data display, conclusion drawing / verification. Based on the results of research in the Department of Population and Civil Registration Malang, researcher can draw the conclucion that the service provided by the presence of the Society Administration Information System is good enough, because its obvious that their service delivery mechanisms and the presence of facilities and infrastructure that supports the process of service delivery in order to improve the quality of public service. Recommended suggestion is that the Department of Population and Civil Registration Malang particularilly department of population administration continues to develop human resources and facilities and infrastructure supporting the service society.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/401/051406292
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare > 353.59 Activities relating to population and settlement
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Oct 2014 09:13
Last Modified: 18 Dec 2021 15:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116507
[thumbnail of SKRIPSI_SITI MUDHALIFAH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SITI MUDHALIFAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item