Pratama, AnandhikaMega (2014) Evaluasi Pengawasan Kredit Modal Kerja Guna Menekan Tunggakan Kredit ( Studi pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Tanjungrejo Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Tanjungrejo Kota Malang merupakan bank milik pemerintah yang tetap konsisten memfokuskan pada pelayanan kepada masyarakat kecil dalam membantu masalah permodalan guna meningkatkan taraf hidup agar dapat lebih baik.PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Tanjungrejo Kota Malang memiliki berbagai fasilitas dan serta menawarkan berbagai jenis produk dan jasa keuangan lainnya, salah satunya menawarkan fasilitas kredit bgi nasabahnya. Salah satu fasilitas kredit yang ditawarkan adalah kredit modal kerja. Dalam pemerian kredit modal kerja seringkali menghadapi resiko berupa kredit bermasalah yang dapat berakibat pada terjadinya tunggakan kredit, oleh karena itu pengawasan kredit yang diperlukan untuk menekan tunggakan kredit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pengawasan kredit modal kerja dilihat dari teknik pengawasan kredit serta analisis tunggakan kredit modal kerja selama 3 tahun yaitu tahun 2010 sampai dengan tahun 2012 berdasarkan kredit yang disalurkan. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa pelaksanaan pengawasan kredit telah berjalan sesuai dengan teknik pengawasan kredit namun tingkat Non Performing Loan setiap tahun meningkat meskipun tetap dibawah standard Bank Indonesia sebesar 5% yaitu pada tahun 2010 sebesar 2,86%, di tahun 2011 meningkat menjadi 3,05% kemudian di tahun 2012 meningkat kembali menjadi 3,75%. Ditemukan beberapa kelemahan yang menyebabkan hal tersebut yaitu kegiatan inspeksi On The Spot yang hanya dilakukan saat nasabah mulai menunggak, Account Officer yang jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah nasabah, serta kegiatan pembinaan nasabah yang perlu dilakukan lebih sering. Terhadap kelemahan – kelemahan yang ditemukan, disarankan penambahan tenaga Account Officer yang didukung oleh ketrampilan yang kompeten serta peningkatan frekuensi kunjungan terhadap nasabah sehingga terjalin komunikasi yang baik antara pihak bank dan pihak nasabah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/395/051406059 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Oct 2014 14:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116498 |
Preview |
Text
051406059.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |