Herientiya, Arienu (2018) Analisis Efesiensi Biaya Produksi Melalui Pendekatan Target Costing Berdasarkan Penjualan Online Dan Offline (Studi Kasus Lapis Nangka Rafita’s Cake Kota Bogor). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bisnis yang sedang berkembang saat ini di Indonesia yaitu bisnis berbasis online atau dekangan kata lain elektronic commerce merupakan pembelian, penjualan dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. Salah satu pembisnis menggunakan e-commerce yaitu Rafita’s Cake. Rafita’s Cake merupakan UKM yang bergerak diindustri makanan yang berbasis agroindustri yang memproduksi kue lapis nangka yang berada di kota Bogor. Lapis Nangka Rafita’s cake ini menjualan produknya dengan cara offline 45% dan online 55%. Tahun ke tahun persaingan yang ada semakin ketat, mulai dari persingan online dan offline, namun harga bahan baku semakin meningkat diriingi dengan penjualan yang menurun dengan harga jual yang kompetitif. Oleh karena itu perusahaan tidak dapat mencapai target laba yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendreskripsikan komponen biaya dalam memproduksi LaNang, menganalisis perbandingan biaya yang paling efesiensi biaya produksi dengan menggunakan metode tradisional dan metode target costing, menganalisis cara yang dilakukan perusahaan agar target laba tercapai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripptif komperatif. Target profit dapat dicapai dengan cara mengefesiensikan biaya produksi melalui target costing. Perhitungan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode traditional costing dan target costing Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode tradisional, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan pada tahun 2017 sebesar Rp 479.079.193,- dengan memproduksi 17142 box LaNang. Profit yang diperoleh perusahaan sebesar 20% dimana presentase tersebut belum sesuai dengan target profit yang diharapkan perusahaan sebesar 23%. Efesiensi biaya perlu dilakukan pada komponen biaya produksi untuk mencapai target profit perusahaan. Hasil dari penerapan target costing, biaya yang efesien bagi perusahaan yaitu sebasar Rp 455.077.700,- setelah melakukan rekayasa nilai. Keuntungan yang diperoleh sudah sama dengan target yang diinginkan yaitu 23%. Komponen biaya yang dilakukan rekayasa nilai untuk mencapai biaya produksi yang efesien yaitu biaya bahan baku nangka yang dibeli ditingkat petani, dan biaya pemasaran yaitu untuk pembelian brosur ditoko yang lebih mura, dan membeli paket kuota telepon untuk pemasaran. keuntungan ini membuktikan bahwa dengan target costing dapat mengefesiensikan biaya produksi sehingga dapat mencapai target profit.
English Abstract
The current emerging business in Indonesia is an online-based business or another word elektronic commerce is the purchase, sale and marketing of goods and services through electronic systems. One of the businessmen using e-commerce is Rafita's Cake. Rafita's Cake is a SME engaged in food industry based agro-industry that produces jackfruit cake in Bogor city. Rafita Jackfruit's cake sells its products by offline 45% and also online 55%. Year to year competition is getting tighter, ranging from online and offline pips, but raw material prices are increasingly self-paced with declining sales with a competitive selling price. Therefore the company can not reach the desired profit target.The purpose of this study is to describe the cost components in producing LaNang, to analyze the most cost-efficient production cost comparison using traditional method and target costing method, to analyze the way the company does to achieve profit target. This research is quantitative research approach to deskripptif komperatif. Profit target could be achieved by way of mengefesiensikan the production cost through the target cost. The calculation in the study carried out using the traditional method of costs and the target cost. The results showed that by using traditional methods, the cost incurred by the company in 2017 amounted to Rp 479.079.193, - by producing 17142 boxes LaNang. Profit obtained by the company by 20% where the percentage is not in accordance with the target profiy expected by the company by 23%. Cost efficiency needs to be done on production cost components to achieve the company's profit target. The result of the implementation of target costing, cost efficient for the company is sebasar Rp 455.077.700 after doing value engineering. The profit is equal to the desired target of 23%. The cost component of value engineering to achieve the efficient production cost is the cost of raw material of jackfruit purchased at the farm level, and the marketing cost to purchase the more store-oriented brochures, and purchase the telephone quota package for marketing. this advantage proves that the target costing can mengefesiensikan production costs so as to achieve profit targets.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/285/051804322 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 01:28 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 01:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11648 |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (414kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (909kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (202kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (376kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (375kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (718kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |