Analisis Tingkat Kesehatan dengan Menggunakan Pendekatan RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) (Studi pada PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Periode 2011-2013)

Lasta, HeidyArrvida (2014) Analisis Tingkat Kesehatan dengan Menggunakan Pendekatan RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) (Studi pada PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Periode 2011-2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis tingkat kesehatan bank merupakan suatu teknik analisis untuk mengetahui risiko dan kinerja bank, apakah dalam kondisi sehat atau tidak. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan dalam menilai kesehatan bank dan salah satunya adalah PBI No.13/1/PBI/ 2011 yang dalam penilaiannya menggunakan pendekatan RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital). Konsekuensi dari tidak terpenuhinya persyaratan pada kinerja bank agar dapat disebut bank yang sehat, tidak hanya menyempitkan keleluasaan yang dimiliki oleh bank, namun akan berdampak pada tingkat kepercayaan nasabah untuk menanamkan dananya di bank. Objek penelitian dilakukan pada PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Sumber data diperoleh dari berbagai laporan yang dipublikasikan PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk berupa Laporan Keuangan dan Laporan Tahunan yang telah diaudit pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. Data diperoleh dengan mengunduh pada website online Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kesehatan PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk jika diukur menggunakan pendekatan RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) pada tahun 2011-2013). Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dan Pengukuran pada penelitian ini terdiri dari faktor Risk Profile, faktor Good Corporate Governance, faktor Earnings, faktor Capital. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa tingkat kesehatan PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk pada tahun 2011 sampai dengan 2013 yang diukur menggunakan pendekatan RGEC secara keseluruhan dapat dikatakan bank yang sehat. berdasarkan faktor Risk Profile yang dinilai melalui NPL, IRR, LDR, LAR, Cash Ratio secara keseluruhan menggambarkan pengelolaan risiko mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2013 yang telah dilaksanakan dengan baik. Faktor Good Corporate Governance BRI sudah memiliki dan menerapkan tata kelola perusahaan dengan sangat baik. Faktor Earnings atau rentabilitas yang penilaiannya terdiri dari ROA dan NIM mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2013 mengalami kenaikan dan hal ini menandakan bahwa bertambahnya jumlah aset yang dimiliki BRI diikuti dengan bertambahnya keuntungan yang didapat oleh BRI. Faktor Capital atau permodalan yang penilaiannya menggunakan CAR, BRI pada tahun 2011 sampai dengan 2013 memiliki rasio CAR yang sudah diatas ketentuan Bank Indonesia yaitu diatas 8%.

English Abstract

Bank soundness analysis is an analysis technique to determine the risk and performance of the bank, whether it is in good condition. There are several methods that can be used in determining bank soundness and one of them is PBI No. 13/1/PBI/2011 which in the process using RGEC approach (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital). The consequences of the performance requirements that are not being fulfilled to be a healthy bank, not only narrow the discretion that the bank owns, but will have an impact on the level of customer confidence to invest their funds in the bank. The research object is PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. The data sources are from various reports published by PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk in forms of Financial Reports and Annual Reports that have been audited in 2011 untill 2013. The data are obtained by downloading from online website of Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id. The purpose of this study is to determine the soundness level of PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk measured by RGEC approach (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) in the year of 2011-2013. The type of research being used is descriptive research type with quantitative approach. Variable and Measurement in this research are consist of Risk Profile factor, Good Corporate Governance factor, Earnings factor, Capital factor. The results show that the soundness level of PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk in 2011 untill 2013 measured by RGEC approach can be said is bodily sound. Based on the Risk Profile factor that assessed through NPL, IRR, LDR, LAR, Cash Ratio, overall portrays risk management from 2011 untill 2013 that has been executed well. Good Corporate Governance factor shows BRI has had and applied corporate governance really well. Earnings factor or profitability which assessment consists of ROA and NIM start from 2011 untill 2013 has increased and this is a sign of the increasing of total assets owned by BRI that followed by the increasing of profit gained by BRI. Capital factor which assessment using CAR, in the year 2011 untill 2013, BRI, from 2011-2013 had CAR ratio above Bank Indonesia provision that is above 8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/370/051406024
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Oct 2014 14:28
Last Modified: 25 Oct 2021 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116472
[thumbnail of 051406034.pdf]
Preview
Text
051406034.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item