Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah) Sektor Batik (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bangkalan)

Solehah, Nurul (2014) Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah) Sektor Batik (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bangkalan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan UMKM batik adalah melalui pemberdayaan. Pemberdayaan merupakan salah satu cara untuk memberikan daya atau kemampuan kepada seseorang yang dilakukan melalui pemberian pengetahuan, penguatan modal dan sumber daya manusia serta perlindungan atas produk. Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dilakukan untuk menumbuhkembangkan usaha yang sehat, tangguh dan mampu berdaya saing. Oleh karena itu, peran pemerintah daerah Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangkalan menjadi sangat penting dalam pemberdayaan UMKM batik tulis Tanjungbumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pemerintah daerah Kabupaten Bangkalan dalam pemberdayaan UMKM sektor batik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangkalan karena merupakan pihak yang terlibat langsung dalam pemberdayaan UMKM sektor batik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangkalan dalam pemberdayaan UMKM sektor batik dilakukan melalui beberapa program, diantaranya (1) pendidikan dan pelatihan; (2) bantuan permodalan; (3) bantuan pemasaran dan (4) proteksi produk batik. Namun, peran Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangkalan masih kurang efektif dan belum berhasil dalam menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM batik di Kecamatan Tanjungbumi. Hal tersebut dapat dilihat dari langkah pemberdayaan yang kurang relevan dengan permasalahan dan tantangan utama yang dihadapi oleh pelaku UMKM serta pemberdayaan yang tidak merata dan kurang inovatif. Selain itu, peran Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangkalan yang kurang efektif disebabkan oleh faktor eksternal, yaitu keterbatasan anggaran dan akses yang sangat jauh serta infrastruktur yang kurang memadai.

English Abstract

One of the local governments efforts in developing batik MSMEs is through empowerment. Empowerment is one way to provide power or ability to someone who is done through the provision of knowledge, strengthening of capital and human resources and the protection of the product. MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) made efforts to foster a healthy, resilient and capable of competitiveness. Therefore, the role of local government Bangkalan through the Dinas Koperasi dan UMKM Bangkalan become very important in empowering Tanjungbumis Batik MSMEs. The purpose of this study was to determine the role of local government in empowering MSMEs Bangkalan batik sector. This research uses a descriptive study using a qualitative approach. The method used in this study using interviews, observation and documentation. This research was conducted at the Department of Cooperatives and MSMEs Bangkalan as a party directly involved in MSMEs sector batik. The results showed that the role of Dinas Koperasi dan UMKM Bangkalan in empowering MSMEs batik sector through several programs, including (1) education and training; (2) capital assistance; (3) marketing assistance, and (4) protection of batik products. However, the role of Dinas Koperasi dan UMKM Bangkalan still less effective and have not been successful in answering the problems and challenges faced by batik MSMEs in Tanjungbumi. This can be seen from the steps of empowerment that is less relevant to the issues and challenges faced by MSMEs and empowerment uneven and less innovative. In addition, the role of Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangkalan are less effective due to external factors, namely the budget constraints and access to a very remote and poor infrastructure.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/366/051405492
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Peran Pemerintah Daerah, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah); Empowerment, Role of Local Government, MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) Empowerment, Role of Local Government, MSME (Micro, Small and Medium Enterprises)
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.14 Local Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Oct 2014 14:14
Last Modified: 17 Dec 2021 15:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116467
[thumbnail of SKRIPSI_NURUL SOLEHAH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NURUL SOLEHAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item