Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 20lIl20l2 Universitas Brawijaya Malang yang Beralih Merek ke Smartphone Samsung)

Wijaya, YoniServika (2014) Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 20lIl20l2 Universitas Brawijaya Malang yang Beralih Merek ke Smartphone Samsung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap keputusan perpindahan merek. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 116 orang responden yaitu mahasiswa yang beralih merek ke smartphone Samsung. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara bersamasama dan pengaruh secara parsial antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atribut Produk yang terdiri dari Harga (X1), Kualitas (X2), Merek (X3), Fitur (X4), dan Desain (X5) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 24,517 dan probabilitas 0,000. Besar kontribusi variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y) sebesar 0,506 atau 50,6% sedangkan sisanya sebesar 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial Harga (X1), Kualitas (X2), Merek (X3), Fitur (X4), dan Desain (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y). Harga (X1) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,270. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel-variabel yang terdapat dalam Atribut Produk secara bersama-sama maupun secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Variabel Harga (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Perpindahan Merek.

English Abstract

This study aimed to determine the influence of product attributes on brand switching decisions. This type of research was explanatory research with quantitative approach. The sample number as many as 116 respondents such as students who switch brand to Samsung smartphone. The method of data collection was a questionnaire. Data analysis used in this study are descriptive analysis and multiple linear regression analysis with F test and t test to examine overall and partial influence between variables. The results of this study indicate that Product Attributes which consist of Price (X1), Quality (X2), Brand (X3), Feature (X4), and Design (X5) are simultaneously create significant effect on Brand Switching Decision (Y) with a value of 24,517 and F-test probability 0,000. The major contribution of independent variables simultaneously on Brand Switching Decision (Y) of 0,506 or 50,6% while the remaining 49,4% influenced by other variables that not examined in this study. ttest results show that Price (X1), Quality (X2), Brand (X3), Feature (X4), and Design (X5)have a significant and positive effect partially on Brand Switching Decision (Y). Price (X1) has a dominant influence on Brand Switching Decision (Y) with a beta coefficient of 0,270. The conclusion of this study is that variables in Product Attributes simultaneously and partially have significant influence on Brand Switching Decision and Price has a dominant influence on Brand Switching Decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/361/051405487
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Oct 2014 09:33
Last Modified: 25 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116462
[thumbnail of 051405487.pdf]
Preview
Text
051405487.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item