Ratnaningtyas, Diany (2014) Evaluasi Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin (Studi di Puskesmas Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kesehatan merupakan modal dasar yang sangat diperlukan oleh segenap masyarakat untuk dapat beraktifitas sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat secara ekonomi. Rendahnya Derajat Kesehatan Masyarakat Miskin merupakan salah satu permasalahan di Indonesia. Hal ini memerlukan adanya campur tangan pemerintah salah satunya melalui kebijakan kesehatan. Kebijakan kesehatan ini mulai dicanangkan pada tahun 2005, dan sejak tahun 2008 kebijakan ini dikenal dengan nama Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) dan mulai Januari 2014, Jamkesmas resmi berubah menjadi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Penggunaan Jamkesmas pertama kali berada pada tingkat Puskesmas. Hal ini dikarenakan Puskesmas merupakan Pemberi Pelayanan Tingkat Pertama/ Dasar. Meskipun tidak semua Puskesmas mampu menjalankan Jamkesmas ini dengan lancar. Salah satu Puskesmas yang tetap konsisten dalam menjalankan Jamkesmas mulai tahun 2005 sampai tahun 2013 adalah Puskesmas di Kecamatan Prambon. Dengan adanya Jamkesmas tersebut diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin. Dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan memfokuskan permasalahan kepada evaluasi pelaksanaan Jamkesmas di Puskesmas Prambon dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin. Penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah Model analisis data Milles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membahas tentang evaluasi pelaksanaan Jamkesmas di Puskesmas Prambon mulai dari pelaksanaannya, komunikasi antar Stakeholders yang terlibat, kualitas kesehatan masyarakat miskin dan pelayanan kesehatan yang diberikan. Faktor pendukung utama evaluasi pelaksanaan Jamkesmas di Puskesmas Prambon adalah adanya Sumber Daya serta sarana dan prasarana yang memadai, lokasi yang strategis serta adanya dukungan dari pemerintah daerah. Dan hambatan datang dari masih kurangnya penataan ruang yang baik serta terkait masalah data kepesertaan Jamkesmas. Saran dari penelitian ini adalah pemaksimalan program tidak sebatas pergantian program, pemanfataan teknologi informasi dalam pendataan peserta secara berkala, pembenahan ruang tunggu dan lahan parkir serta pendekatan kepada masyarakat miskin melalui penyuluhan rutin serta adanya program Posyandu Lanjut Usia sehingga lebih memacu antusias masyarakat terhadap pentingnya kesehatan.
English Abstract
Health is a basic capital which is needed by all people to be able to produce omething useful economically. Low Health Status of the poor becomes one of onesian problem. This requires government intervention, one of them is health olicy. The health policy began launched in 2005, and since 2008 the policy known as Jamkesmas (Community Health Insurance) and began in January 2014, officially changed become JKN (National Health Insurance). The use of first Jamkesmas held at the local health center. It is because local health center is the first health handling. Although all of local health center can not be able to run Jamkesmas purposely, one of local health center that is running Jamkesmas consistently from 2005 until 2013 was Prambon Health Center. The Jamkesmas is expected to improve health services for the poor community. This study used qualitative research methods by a descriptive approach, with a focus problems on the evaluation of the implementation problems in the Jamkesmas of Prambon Health Center in improving the health care quality for the poor. The research was conducted through observations, interviews and documentation. The model of analytical data that used in this research is the model of Milles and Huberman analytical data, which consists of data collection, data reduction, data display and conclusion. The results of this study discusses the evaluation of the Jamkesmas implementation at the Prambon Health Center start from the implementation, communication among stakeholders involved, quality of poor public health and health care provided. The main supporting factor in the evaluation of the Jamkesmas implementation at the health center Prambon is the Resource, adequate utility and infrastructure, strategic location and the support of local government. And obstacles come from the unfourable of good spatial planning and related issues Jamkesmas membership data. Suggestions from this study is to the maximize program not limited turn the program, the utilization of information technology in data collection participants periodically, revamping the reception area and parking area and the approach to the poor through regular counseling and Senior Posyandu program so that it will improve enthusiastic public on the importance of health.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/346/051405472 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pelaksanaan Jamkesmas, Kualitas Pelayanan Kesehatan; Evaluation of Jamkesmas, Quality Health Care |
Subjects: | 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services > 353.69 Health insurance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 29 Sep 2014 13:51 |
Last Modified: | 13 Nov 2021 07:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116446 |
Preview |
Text
Skripsi_Diany_Ratnaningtyas_(105020500111028).pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |