Analisis Sistem dan Prosedur Pembayaran Klaim Kecelakaan dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus pada PT. Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang)

Sugiastuti, ReikaHappy (2014) Analisis Sistem dan Prosedur Pembayaran Klaim Kecelakaan dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus pada PT. Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilakukan atas dasar temuan di PT. Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang bahwa jumlah karyawan yang bertugas untuk melakukan kegiatan survei kecelakaan di Samsat Kabupaten Malang dan Kota Batu masing-masing hanya 1 orang. Sedangkan tingkat kecelakaan yang terjadi tinggi, dan dikhawatirkan kegiatan survei tidak berjalan cepat dengan demikian pembayaran klaim tidak dapat diproses lebih lanjut. Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan pematauan belum sepenuhnya efektif, hal ini dikarenakan belum terbentuknya satuan pemeriksaan intern. Menanggapi temuan tesebut, pelaksanaan sistem dan prosedur yang memadai perlu dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan pengendalian intern yang efektif dan efisien dalam menjaga aset perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem dan prosedur pembayaran klaim kecelakaan di PT.Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang serta untuk menganalisis sistem dan prosedur pembayaran klaim apakah sudah memenuhi unsur-unsur pengendalian intern pada sistem pengeluaran kas dalam upaya meningkatkan pengendalian intern. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui proses wawancara dengan narasumber, observasi langsung pada objek penelitian, dan dokumentasi mengenai data sekunder yang digunakan. Hasil analisis dari penelitian ini ialah: (1)Pada kwitansi pembayaran klaim kecelakaan belum ditambahkan stempel “Lunas”. (2)Perlu ditambahkan dokumen pendukung kepada korban/ahli waris yaitu Bukti penerimaan santunan kecelakaan. (3)Pada fungsi yang melakukan pencatatan pada Daftar Harian Kas dan Laporan Pemakaian Bilyet Giro tidak dilakukan oleh bidang Keuangan dan Umum bukan oleh Kasir. (4)Otorisasi tanda tangan di bilyet giro tidak dilakukan oleh Kepala Perwakilan. (5)Pemeriksaan mendadak oleh Satuan Pemeriksa Pusat belum sepenuhnya dilakukan. (6) Serta belum terbentuknya Satuan Pemeriksa Intern yang independen di PT.Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang.

English Abstract

This research is based on the findings at PT. Jasa Raharja (Persero) Malang Representative Office,that the number of employess who work for the accident survey at Samsat Kabupaten Malang and Samsat Kota Batu is only one person for each region. Meanwhile, the accident rate is quite high and it is feared that the survey does not going well, thus the claim payment can not be processed further. Therefore the supervision activity is not yet effective because there is also lack of internal checking. Dealing with these findings, the implementation of reliable system and procedure is the effort to incrase effective and efficient internal control to maintain the company assets. The objectives of this research are to determine the system and the procedure of the accident claim payment in PT. Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang and to analyze the system and procedure of accident claim payment whether have met the internal control substances of cash payment system to increase the internal control. The data collection techniques used in this research are interview with some informants, direct observation on the object of research, and documentation on the secondary data used. The result of analysis indicates that (1)There is no “Lunas: stamp on the accident claim payment (2)Supporting documents are added to the victim as the proof of the accidental compensation, (3)The function for the booking in the “Daftar Harian Kas” and “Laporan Pemakaian Bilyet Giro” is not to be handled by “Bidang Keuangan”. (4)The authorization signature on “Bilyet Giro” is not to be made by “Kepala Perwakilan”. (5)The sudden examine is not fully carried out by Satuan Pemeriksa Pusat. (6) And there is no independen of “Satuan Pemeriksa Intern” in PT.Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/342/051405468
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Sep 2014 15:44
Last Modified: 24 Oct 2021 12:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116443
[thumbnail of 8.BAB_II.pdf]
Preview
Text
8.BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11.BAB_V.pdf]
Preview
Text
11.BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.BAB_III.pdf]
Preview
Text
9.BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10.BAB_IV.pdf]
Preview
Text
10.BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13.LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
13.LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1.JUDUL.pdf]
Preview
Text
1.JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.MOTTO_Baru.pdf]
Preview
Text
2.MOTTO_Baru.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.Tanda_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
3.Tanda_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.Tanda_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4.Tanda_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.Orisinilitas_Skripsi.pdf]
Preview
Text
5.Orisinilitas_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.RINGKASAN_-_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
6.RINGKASAN_-_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7.BAB_I.pdf]
Preview
Text
7.BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item