Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Indeks SRI-KEHATI yang Listing di BEI Periode 2010-2012)

Putri, FitriaAyuning (2014) Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Indeks SRI-KEHATI yang Listing di BEI Periode 2010-2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Laporan keuangan merupakan alat penting bagi perusahaan yang mampu menghasilkan informasi posisi keuangan perusahaan, adanya laporan ini mampu menggambarkan kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan dapat diukur melalui rasio-rasio keuangan, seperti salah satunya yaitu rasio profitabilitas. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam mencapai laba. Perusahaan sekarang ini tidak hanya dituntut dalam mencari keuntungan atau laba semata tetapi juga harus memperhatikan tanggungjawab sosial di masyarakat, atau yang sering disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Adanya CSR dapat memberikan manfaat dan nilai guna bagi pihak-pihak yang berkepentingan serta keberhasilan perusahaan jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh signifikan CSR terhadap Profitabilitas perusahaan yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory researh (penjelasan). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pada indeks SRI-KEHATI yang listing di BEI periode 2010-2012 sebanyak 33 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 14 perusahaan, pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, yang terlebih dahulu dalam pengujian statistik menggunakan uji asumsi klasik. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t menunjukkan pengaruh signifikan variabel CSR terhadap ROA dan ROE, namun tidak berhasil menunjukkan pengaruh signifikan terhadap EPS. Nilai tertinggi dari hasil uji determinan (R2) sebesar 0.468 atau 46.8%, yaitu CSR terhadap ROA, dibandingkan dengan nilai R2 pada ROE dan EPS memiliki nilai yang rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa CSR menyumbangkan pengaruh yang masih rendah terhadap Profitabilitas perusahaan. Penelitian ini berhasil menunjukkan pengaruh signifikan CSR terhadap Profitabilitas perusahaan yaitu terhadap ROA dan ROE, namun pengaruh yang diberikan masih tergolong rendah karena nilai korelasi antara variabel independen terhadap variabel dependen mendekati 0.

English Abstract

Financial statement is an important device used by a company to inform the financial position of company. This statement also describes financial performance of company. Indeed, company financial performance can be measured through financial ratios. One of them is profitability ratio. Profitability represents an ability of company to achieve profit. This company is not only required to search for profit but also needed to implement social responsibility in the community, which is popularly called as Corporate Social Responsibility (CSR). The presence of CSR can provide additional value to the interested parties and to the long-term success of company. The objective of research is to explain the significant influence of CSR on company profitability as measured with proxies of Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) and Earning per Share (EPS). Type of research is explanatory research. Population of research is SRI-KEHATI Index which lists at Indonesia Stock Exchange in period 2010-2012, which includes 33 companies. The sample is 14 companies which are selected by purposive sampling method. Analysis device is simple linear regression. Statistic test is conducted using classical assumption test. Result of research indicates that t-test shows significant influence of CSR on ROA and ROE, but it fails to show significant influence of CSR on EPS. The highest value of the result of determinant test (R2) is 0.468 or 46.8 % for the influence of CSR on ROA, compared to R2 for the influence of CSR on ROE and EPS which has lower rate, meaning that CSR contributes lower influence to company profitability. Research has showed the significant influence of CSR on company profitability, precisely on ROA and ROE, but this influence is lower because correlation rate between independent variable and dependent variable is close to 0.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/333/051405459
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Oct 2014 09:08
Last Modified: 24 Oct 2021 12:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116432
[thumbnail of 051405459.pdf]
Preview
Text
051405459.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item