Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Green Product (Survei pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar yang Tergabung dalam Followers Official Account Twitter @Sariayu_MT)

Kusmayasari (2014) Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Green Product (Survei pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar yang Tergabung dalam Followers Official Account Twitter @Sariayu_MT). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian; (2) pengaruh Keputusan Pembelian terhadap Kepuasan Konsumen; (3) pengaruh Atribut Produk terhadap Kepuasan Konsumen; dan (4) pengaruh Atribut Produk terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 responden yang merupakan konsumen produk kosmetik Sariayu Solusi yang tergabung dalam official account Twitter @Sariayu_MT dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan kuesioner secara online melalui official account Twitter @Sariayu_MT. Anasis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Atribut Produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian; (2) variabel Keputusan Pembelian berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen; (3) variabel Atribut Produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen; (4) variabel Atribut Produk berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen melalui variabel Keputusan Pembelian. Dengan demikian, sebaiknya perusahaan Martha Tilaar Group memberikan informasi yang detail dan akurat kepada konsumen mengenai atribut produk Sariayu Solusi yang merupakan produk kosmetik hijau, sehingga memudahkan konsumen dalam mengevaluasi alternatif produk dalam melakukan proses keputusan pembelian.

English Abstract

This study aimed to: (1) determine the effect of Product Attributes on Purchase Decison; (2) determine the effect of Purchase Decison on Consumer Satisfaction; (3) determine the effect of Product Attributes on Consumer Satisfaction; (4) determine the effect of Product Attributes on Consumer Satisfaction through the Purchase Decision. The type of research used explanatory research with quantitative approach. The total sample is 116 costumers of Sariayu Solusi Cosmetics joined in official account Twitter of@Sariayu_MT and used Simple Random Sampling techniques. Data were collected through questionare by online in official account Twitter of@Sariayu_MT. Descriptive analysis and path analysis was used as a data analysis techniques. The result of the study reveals that: (1) Product Attributes has direct effect and significant on Purchase Decision; (2) Purchase Decision has direct effect and significant on Consumer Satisfaction; (3) Product Attributes has direct effect and significant on Consumer Satisfaction; (4) Product Attributes effect significantly to Consumer Satisfaction through the Purchase Decision as intervening variabel. Thus, should the company Martha Tilaar Group delivers accurate and detailed information to the consumers about the product attributes of Sariayu Solusi as a green product cosmetics, making it easy for consumers in evaluating alternative products in the process of purchase desicion.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/320/051404937
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen; Product Attributes, Purchase Decision, Consumer Satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Oct 2014 14:12
Last Modified: 12 Nov 2021 16:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116420
[thumbnail of SKRIPSI_PENGARUH_ATRIBUT_PRODUK_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_DAN_KEPUASAN_KONSUMEN_GREEN_PRODUCT_.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PENGARUH_ATRIBUT_PRODUK_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_DAN_KEPUASAN_KONSUMEN_GREEN_PRODUCT_.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item