Evaluasi Jaringan Prosedur Kliring Dalam Rangka Mencapai Tujuan Pengendalian Intern (Studi Pada PT. Bank X (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Mojokerto)

Novitasari, Citra Dewi (2014) Evaluasi Jaringan Prosedur Kliring Dalam Rangka Mencapai Tujuan Pengendalian Intern (Studi Pada PT. Bank X (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap bank, baik konvensional maupun syariah selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang prima dan efisien demi menjamin kenyamanan dan keamanan transaksi untuk nasabah dalam setiap transaksi perbankan yang mereka lakukan. Bentuk upaya pelayanan perbankan dalam kegiatan transaksi adalah pembayaran giral, yang disebut dengan kliring. Demi mencapai pelayanan pembayaran giral yang baik dan aman, maka setiap bank peserta kliring harus menetapkan sistem kliring sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, yaitu Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengevalusi dalam pelaksanaan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) disalah satu bank konvensional milik pemerinta sudah mampu atau belum untuk mencapai tujuan pengendalian intern. Obyek penelitian kali ini adalah PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan dan penerapan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) pada PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto sudah berjalan dengan cukup baik. Peneliti katakan sudah cukup baik, karena dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan peraturan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), yaitu terdapat sistem kliring debet (paperbased), dan sistem kliring kredit (paperless), penyediaan dana cadangan (prefund) setiap hari kerja sebelum dilaksanakannya kliring, dan keikutsertaan Bank X dalam dua siklus kliring, kliring penyerahan dan kliring pengembalian, serta penggunaan warkat kliring dalam kliring debet. Beberapa kesalahan yang dilakukan, karena tidak sesuai dengan peraturan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan menyebabkan tolakan kliring antaralain adalah; 1) penerimaan dan pemrosesan warkat yang belum jatuh tempo tanggal efektif (khusus untuk Bilyet Giro), 2) kekurangan pengisian persyaratan formal warkat, 3) kesalahan dalam menuliskan nama dan nomor rekening, 4) kesalahan menuliskan kode bank, 5) saldo tidak mencukupi, dan 6) rekening telah ditutup. Kesalahan dalam kegiatan kliring pada PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto dikarenakan adanya human error, baik dari teller, customer service, dan/atau nasabah peserta kliring. Penerapan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia di PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto mampu mencapai keempat tujuan pengendalian intern, yaitu menjaga keamanan aset, efisiensi dalam operasional, mendorong ditaatinya peraturan oleh karyawan, serta keakuratan dan kehandalan data akutansi.

English Abstract

Every bank, whether conventional or syariah it’s always trying to give the best service and efficiency in order to assure comfortable and and safety transaction for the customer in every banking transaction that they do. One of the bank’s service for transaction activity is giral’s transaction, called clearing. By to reach a good and safety clearing, every bank as the clearing’s participant should be determined rules appropriate to Bank of Indonesia’s rules, that is Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). This research has purpose to evaluating the implementations of Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) in one of the Indonesia’s conventional bank, does it has already reached the goals of internal control or not yet. Object of the research at this time is PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto. Based on the value of the research that the researcher had done, it can be concluded that in the implementation of Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) in PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto is good enough. The researcher says it’s good enough, because the clearing’s implementation there, has already appropriated to Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), which is consist of debit’s clearing system (paperbased) and credit’s clearing system (paperless), preparing prefund in every workday before clearing begins, participation Bank X in two clearing’s cycles, there are deliverring of clearing and return of clearing, and also using of warkat’s clearing in debit’s clearing system. Some errors that happened and caused the clearing’s rejection and it didn’t approprited according to Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia’s rules. The reasons of clearing rejection that mostly happened in PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto are; 1) accepting and proccessing warkat by teller before the effective-terminated-date (especially for Bilyet Giro/BG), 2) uncompleted filling warkat formal requirenment, 3) error in writting name and rekening number, 4) error in writing the bank code, 5) nominal remain saldo doesn’t enough, and 6) the rekening number had been closed. Errors in clearing activity at PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto because there’s human error, whether is human error from teller, customer service, clearing officer, and/or bank’s customer as the clearing participant. Overall, the implementation of Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) at PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto could reached the fourth of internal control goals, there are asset’s safety, efficiency in operational, encourage the officer to obey the company’s rules, and also accuration and reability of accounting record.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/317/051404839
Uncontrolled Keywords: kliring, sistem. Pengendalian intern; clearing, sytem, internal control
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Oct 2014 08:33
Last Modified: 12 Nov 2021 16:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116417
[thumbnail of citra.pdf]
Preview
Text
citra.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item