Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Di Kantor Kepala Desa Godean Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk)

Purnamasari, Sefty Yuli (2014) Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Di Kantor Kepala Desa Godean Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja Aparatur memang peranan penting dalam fungsi pelayanan. tingkat kinerja dibagi menjadi tiga yaitu kinerja individu, kinerja proses dan kinerja organisasi. Beberapa jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh mayarakat dalam hal ini adalah antara lain surat Nikah, Talak, Cerai, Rujuk (NTCR), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan juga surat keterangan kelahiran dan kematian. Permasalahan yang dapat di ambil yaitu tentang Bagaimanakah kinerja aparatur pemerintah desa dalam pelayanan administrasi kependudukan di kantor kepala desa godean, kecamatan loceret, kabupaten nganjuk dan Apa saja yang menjadi kendala dan pendukung dalam pelaksanaan kinerja aparatur pemerintah desa dalam pelayanan administrasi kependudukan di kantor kepala desa godean, kecamatan loceret, kabupaten nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kepala Desa Godean dan apa saja yang menjadi kendala dan pendukung Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kepala Desa Godean. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif Penelitian ini mengambil fokus yang Pertama: Kuantitas jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan, Kualitas mutu yang dihasilkan (baik atau buruknya) dan Ketepatan waktu yaitu tindakannya dengan waktu yang direncanakan. Kedua: Proses Pelaksanaan Pelayanan Kependudukan yang meliputi Prosedur Pelayanan, Waktu Pelayanan, Biaya Pelayanan dan Sarana dan Prasarana. Ketiga : Hasil Pelayanan Administrasi Kependudukan : Jenis Pelayanan yang diberikan, Tingkat Kepercayaan Masyarakat dan Akurasi / Ketepatan. Keempat : Kendala dan Pendukung Kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Adapun lokasi situs penelitian di Ruang Kepada Desa, Ruang Sekretaris Kepala Desa, Seluruh Ruang Kepala Seksi dan Ruang data / arsip-arsip. Sumber data primer diperoleh dari wawancara, dokumen-dokumen, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kinerja aparatur pemerintah desa dalam pelayanan administrasi kependudukan di kantor kepala desa godean, kecamatan loceret, kabupaten nganjuk sudah baik hal ini dapat dilihat dari kuantitas pekerjaan aparatur pemerintah desa dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kualitas layanan aparatur pemerintah desa sudah baik hal ini dibuktikan dengan efisiensi dan kepuasan masyarakat dalam memohon layanan administrasi kependudukan. Pekerjaan yang diselesaikan aparatur pemerintah desa dapat selesai tepat waktu sesuai dengan yang telah direncakanan atau yang tercantum dalam aturan. Terdapat 3 pendukung yaitu sarana dan prasarana, Lingkungan kerja yang nyaman dan adanya kerjasama antar perangkat. Terdapat 3 penghambat yaitu tentang kurangnya penggunakan IT yang handal, Kurangnya koordinasi lapangan antara RT dan RW dan kualitas pendidikan perangkat desa. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, saran untuk meningkatkan kinerja perangkat desa yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan administrasi desa melalui pemberian pelatihan, keterampilan sebagai pembentukan tenaga-tenaga administrasi bagi desa yang tidak hanya handal dalam menjalankan tugas-tugas yang bersifat rutin tetapi juga bisa menjadi penggerak suatu pembangunan desa.

English Abstract

Apparatus Performance is an important role in the functioning of the service . level of performance is divided into three individual performance , the performance of the process and organizational performance . Several types of services needed by society in this case is , among others, a letter of Marriage , Divorce , Divorce , Refer ( NTCR ) , Identity Card ( KTP ) , Family Card ( KK ) , and birth and death certificates . Problems that can be taken with respect to the performance of How the government apparatus in the service of the village administration head office of the village population in Godean , Loceret districts , counties and nganjuk What are the constraints and supporting the implementation of the performance of government officials in the ministry of rural population administration at the village heads office Godean , Loceret districts , counties nganjuk . This study aimed to determine and describe the performance Village Government Apparatus in Service Population Administration in the Office of the Village Head Godean and what are the constraints and performance support Apparatus Village Government Services Administration in the Office of Population in the Village Head Godean . This research method is descriptive qualitative approach of this study focuses First : Quantity amount of work to be done , the quality of the resulting quality ( good or bad ) and the timeliness with which actions planned time . Second : The implementation process which includes the Community Service Procedures , Time Services , Costs and Infrastructure Services . Third : The results of the Population Administration Services : Services provided type , Public Confidence and Accuracy / Appropriateness . Fourth : Constraints and Government Reform Supporting Performance in a Rural Population Services Administration . The location of the study sites in space To the village , village chief secretary Space , Entire Section Head Space and Space Data / archives . Sources of primary data obtained from interviews , documents , observation and documentation . Analysis of the data using the model of Miles and Huberman interactive analysis with the three stages of data reduction , data display and conclusion . Results from this study is that the performance of government officials in the ministry of rural population administration at the village heads office Godean , Loceret districts , counties nganjuk been good this can be seen from the quantity of work the village government officials can complete their tasks in accordance with the needs of the community . Quality of service is good village government officials this is evidenced by the efficiency and satisfaction in a community population administration invoke services . Work completed village government officials can be completed on time in accordance with that already is planned or set forth in the rules . There are 3 supporting infrastructure , comfortable working environment and cooperation between devices . There are 3 inhibitor that is about the lack of reliable use of IT , lack of coordination between the RT and the field and the quality of education of the village . To overcome the problems occurred , suggestions to improve the performance of devices that need to be improved village is the village administration capabilities through the provision of training , skill formation as personnel administration for villages that are not only reliable in performing tasks that are routine but can also drive a development .

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/316/051404838
Uncontrolled Keywords: Kinerja Aparatur, Pemerintah Desa, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Godean; Performance Apparatus, Village Government, Population Services Administration, Godean
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.17 Rural administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 09 Oct 2014 14:01
Last Modified: 12 Nov 2021 15:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116416
[thumbnail of SKRIPSI_SEFTY_YULI_PURNAMASARI_(105030104111018).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SEFTY_YULI_PURNAMASARI_(105030104111018).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item