Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Mahendrayasa, Andhanu Catur (2014) Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli; (2) pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian; dan (3) pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan mahasiswa angkatan 2011/2012 dan angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan kartu selular GSM IM3. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) variabel word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Y1) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,697 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) variabel word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,479 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (3) variabel minat beli (Y1) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,262 dan tingkat signifikansi 0,007 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pihak PT. Indosat, Tbk. lebih meningkatkan pelayanan kapada konsumen yang nantinya diharapkan akan dapat menciptakan pendapat positif dari konsumen, sehingga konsumen akan dapat lebih merekomendasikan orang lain untuk menggunakan kartu selular GSM IM3.

English Abstract

This research aimsto: (1) investigate theinfluence of word of mouth on purchase intention; (2) investigate theinfluence of word of mouth on purchase decision; (3) investigatetheinfluence of purchase intention on purchase decision.The research method usedin this studyis explanatory research with quantitative approach. The total sample is 116 college mobile users who adoptIM3cardat theFaculty of Administrative Science, BrawijayaUniversityclass of 2011/2012 and 2012/2113. The sampling technique used is simple random samplingwith questionnaires as the instrument for collecting the data. Analysis of the data in this research usesdescriptive analysis and path analysis.The results of this researchshow that: (1) word of mouth (X) has influence on purchase intention (Y1) with path coefficient (β) is 0,697 and the level of significance is 0,000 (p<0,05); (2) word of mouth (X) has influence on purchase decision (Y2) with path coefficient (β) of 0,479 and the level of significance is 0,000 (p<0,05); (3) purchase intention (Y1) has influence on purchase decision (Y2) with path coefficient (β) value of0,262 and the level of significance is 0,007 (p<0,05).Based on this research, then suggested the company PT. Indosat to take a higher concern in servicing their customer. As such, an emphatic opinion can be generated among the customer to create a positive word of mouth marketing for IM3 mobile card.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/310/051404407
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Aug 2014 09:23
Last Modified: 12 Nov 2021 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116411
[thumbnail of Andhanu_Catur_Mahendrayasa.pdf]
Preview
Text
Andhanu_Catur_Mahendrayasa.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item