Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. PLN ((Persero) distribusi Jawa Timur APJ Malang.),

Nasuha, ArdyRakhmadSetyawan (2014) Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. PLN ((Persero) distribusi Jawa Timur APJ Malang.),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap motivasi dan kinerja karyawan baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini yaitu explanatory research, alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada seluruh karyawan PT. PLN Persero APJ Malang. Sampel penelitian sebanyak 70 orang responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan analisis jalur dengan menggunakan software SPSS versi 13 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hipotesis I variabel Keselamatan kerja karyawan (X1) merupakan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Kerja (Z) hal ini ditunjukkan dengan signifikan t sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Pada hipotesis II variabel Kesehatan kerja karyawan (X2) merupakan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Kerja (Z) hal ini ditunjukkan dengan signifikan t sebesar 0,007 yang lebih kecil dari 0,05. Pada hipotesis III variabel Keselamatan kerja karyawan (X1) memberikan pengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) namun memberikan pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap kinerja dengan melalui motivasi kerja. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien path tidak langsung sebesar 0,137 yang lebih besar daripada pengaruh langsung sebesar 0,091 yang lebih besar dari 0,05. Pada hipotesis IV variabel Kesehatan kerja karyawan (X2) merupakan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) hal ini ditunjukkan dengan signifikan t sebesar 0,007 yang lebih kecil dari 0,05. Pada hipotesis V variabel Motivasi Kerja (Z) merupakan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) hal ini ditunjukkan dengan signifikan t sebesar 0,021 yang lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kesehatan kerja memiliki pengaruh signifikan dan dominan terhadap kinerja karyawan, maka diharapkan pihak perusahaan sebaiknya terus mengembangkan keselamatan dan kesehatan kerja agar lebih optimal sehingga karyawan merasa aman dan nyaman dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/305/051404676
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Aug 2014 11:21
Last Modified: 24 Oct 2021 11:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116405
[thumbnail of ardy.pdf]
Preview
Text
ardy.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item