Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Direktorat Jenderal Imigrasi (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya)

Yahya, HarvijanDwiAshri (2014) Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Direktorat Jenderal Imigrasi (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena tuntutan masyarakat agar terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang baik, melalui pelayanan publik yang berkualitas. Pelayanan publik yang dilakukan birokrasi di Indonesia saat ini sejatinya masih memiliki banyak kekurangan, dan merupakan suatu penyakit yang ada didalam tatanan birokrasi (patologi birokrasi). Pada tahun 2010 muncul sebuah konsep dan kebijakan Reformasi Birokrasi yang komprehensif dan ditetapkan dengan Peraturan Presiden No.81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, dan Permenpan-rb No. 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014. Mengacu pada kebijakan tersebut, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia khususnya unit bagian Direktorat Jenderal Imigrasi telah merancang dan menyusun reformasi birokrasi ke dalam 8 Area Perubahan Reformasi Birokrasi salah satunya adalah peningkatan kualitas pelayanan. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya sebagai Unit Pelaksana Teknis di bidang keimigrasian diharapkan mampu melaksanakan tugas-tugasnya sebagai pelayan masyarakat yang didukung dengan sebuah program perubahan dan percepatan. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan reformasi birokrasi dalam pelayanan publik dan faktor pendukung dan penghambat di Direktorat Jenderal Imigrasi, Kantor Imgrasi Kelas I Khusus Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya. Sumber data diperoleh melalui Informan, Peristiwa, dan Dokumen. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Hubberman. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa yang ingin diperoleh dari proses percepatan pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya adalah menciptakan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya dengan prinsip pelayanan prima. Dari data yang diperoleh para pemohon pembuatan paspor baru menginginkan adanya kecepatan waktu, iii kepastian biaya, dan kemudahan prosedur. Keinginan masyarakat tersebut mampu dijawab oleh Direktorat Jenderal Imgrasi dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya dengan munculnya sebuah Alur Pelayanan One Stop Service ,yaitu pelayanan yang lebih efisien kepada masyarakat dalam proses permohonan pembuatan paspor baru. Kemudian dilihat dari tingkat kepuasan, masyarakat banyak yang merasa puas dengan perubahan pelayanan yang diberikan Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya sejak diberlakukannya One Stop Service. Tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat dalam perjalanannya. Faktor pendukung dianggap sebagai hal-hal yang sangat membantu didalam pelaksanaan reformasi birokrasi dalam pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya contohnya penataan struktur organisasi, peningkatan kualitas pelayanan, dan peningkatan kapasitas pegawai. Sedangkan faktor penghambat dianggap sebagai kendala didalam pelaksanaan reformasi birokrasi dalam pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya seperti Kurang memadainya sarana dan prasarana, dan pola pikir dan prilaku masyarakat. Sehubungan dengan hasil penelitian tersebut disarankan agar kepastian waktu, kepastian biaya, dan kemudahan prosedur harus selalu diperhatian agar kepuasan masyarakat tetap terjaga. Kemudian peningkatan sarana dan prasarana secara berkesinambungan dan peran serta masyarakat agar selalu aktif dalam penyelenggaraan pelayanan harus segera terwujud agar reformasi birokrasi dalam pelayanan publik yang sedang berjalan akan terus membaik dan efeknya birokrasi yang dinilai buruk bisa memperbaiki diri menjadi pelayanan masyarakat.

English Abstract

The background of this research because the public demands for the creation of good governance, through quality public services. Public services are performed bureaucracy in Indonesia is actually still has many shortcomings, and it is a disease that is inside of bureaucracy (bureaucratic pathology). In 2010 appeared a concept and a comprehensive policy of Bureaucratic Reform established by Presidential Decree No. 81 Year 2010 on the Grand Design Bureaucratic Reform 2010-2025, and Minister for Administrative Reform Rule-Bureaucratic Reforms No. 20 of 2010 on the Road Map Bureaucratic Reform 2010 - 2014. Referring to the policy, the Ministry of Justice and Human Rights, especially the unit sections of the Directorate General of Immigration has designed and compiled bureaucratic reform into 8 Areas Bureaucratic Reforms Change one of them is improved quality public services. Special Immigration Office Class I Surabaya as a Technical Implementation Unit in the field of immigration is expected to perform his duties as a public servant who is supported by a program of change and acceleration. Relative to the research aims to describe and analyze the implementation of reforms in the public service bureaucracy and enabling and inhibiting factors in the Directorate General of Immigration, Office of Special Class I Surabaya immigration. This study used a descriptive research method with a qualitative approach. This research was conducted at the Special Immigration Office Class I Surabaya. Sources of data obtained through informants, events, and documents. Data analysis was performed with Miles and Hubberman models. The results of this study indicate that to be obtained from the acceleration of the process of passport services at the Special Immigration Office Class I Surabaya is creating a service to the community as well as possible with the principles of excellent service. From the data obtained the new passport applicants want the speed of time, cost certainty, and ease of the v procedure. The community desires can be answered by the Directorate General of immigration and Special Immigration Office Class I Surabaya with the advent of a Flow One Stop Service, which is more efficient services to the community in the process of application for a new passport. Then viewed from the level of satisfaction, many people who are satisfied with the changes of service provided Special Immigration Office Class I Surabaya since the enactment of the One Stop Service. Can not be separated from the supporting factors and obstacles in his way. Factors supporting regarded as things that are very helpful in the implementation of reforms in the public service bureaucracy at the Special Immigration Office Class I Surabaya example structuring organizational structure, improving service quality and employee capacity. While the limiting factor is considered as a constraint in the implementation of reforms in the public service bureaucracy at the Special Immigration Office Class I Surabaya as lack of infrastructure, and the mindset and behavior of society. In connection with the results of the study suggested that the certainty of time, cost certainty, and ease of the procedure should always be concerned that public satisfaction is maintained. Then the improvement of facilities and infrastructure on an ongoing basis and the role of the community in order to always be active in the provision of services must be realized in order to reform the bureaucracy in public services that are running will continue to improve and the effect is considered bad bureaucracy can fix themselves into community service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/301/051404672
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Aug 2014 10:50
Last Modified: 24 Oct 2021 11:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116401
[thumbnail of Tanda_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
Tanda_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Pernyataan_Originalitas.pdf]
Preview
Text
Pernyataan_Originalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Tanda_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_HARVIJAN_DWI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_HARVIJAN_DWI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item