Penerapan Good Corporate Governance di PT. Telkom Malang

Sari,NovitaWulan (2014) Penerapan Good Corporate Governance di PT. Telkom Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BUMN memeiliki peranan yang besar dalam meningkatkan pendapatan Negara. BUMN seringkali mengalami berbagai permasalahan yang berdampak pada minimnya pendapatan dan laba yang diperoleh. Hal ini disebabkan karena buruknya tata kelola perusahaan negara tersebut. Oleh karena itulah melaui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor 117 Tahun 2002, mewajibkan BUMN untuk menerapakan Good Corporate Governance (GCG) dalam tata kelola perusahaannya. Telkom Malang sebagai salah satu BUMN juga diwajibkan untuk menerapkan GCG yang tujuannya adalah untuk mewujudkan perusahaan yang trasparan, dapat dipertanggungjawabkan dan terpercaya melalui manajamen yang baik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Good Corporate Governance di Telkom Malang dan faktor – faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menerapkan Good Corporate Governance di Telkom Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitative. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Telkom Malang telah melaksanakan GCG dalam tata kelola perusahaannya namun masih belum maksimal. Hal ini terlihat dari hanya tiga prinsip yakni transparansi, akuntabilitas dan responsiblitas yang telah dijalankan sepenuhnya oleh Telkom Malang, sedangkan prinsip independensi dan kewajaran belum diterapkan sepenuhnya dalam tata kelola perusahaan Telkom Malang. Dalam penerapan konsep GCG tersebut juga tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung penerapan GCG di Telkom Malang ialah adanya berbagai aturan dan kebijakan yang dikeluarkan yang mengacu pada penerapan GCG, terdapat komite audit yang mengawasi secara efektif didalam perusahaan untuk menghindari penyimpangan yang mungkin terjadi serta adanya harapan yang tinggi dari pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang prima. Sedangkat faktor penghambat pelaksanaan GCG di Telkom Malang ialah kurangnya kemampuan dan pengetahuan dari setiap pegawai dalam mempresepsikan pengertian GCG, adanya sebagian mitra binaan yang kurang disiplin dalam mengembalikan pinjaman serta kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan produk Telkom.

English Abstract

State – owned enterprise have a major role increasing income for Countries. But sometimes state owned enterprise gets trouble which result to minimun income and profits. This is because bad management from the state – owned enterprise. Tharefore by ministerial decree state owned enterprise number 117/ 2002, implementation command Good Corporate Governance (GCG) in corporate management. Telecom Malang one of state-owned enterprise be supposed GCG for realize a transparent and responsible company with good management. The research focuses on the problem : how is the implementation Good Corporate Governance in the Telkom Malang. What are advantage and disadvantage factors the implement Good Corporate Governance in Telkom Malang. Research used the qualitative method. Data collection is conducted using interview, observation, and documentation technique. Data analysis is conducted using Milles and Hubberman interactive model, focusing on the analysis as the continuing process from the data collection and conclusion making. The result of this research show that Telecom Malang has implement GCG in management corporate, but not maximum. That is see from only three principle has implement in Telecom Malanng, but independecy and fairness prinsciple not yet implemented in management corporate Telkom Malang. In implement GCG, be found advantage and disadvantage factor. Advantage factor in implement GCG in Telecom Malang : thare are regulation abaut GCG, there are audit committee effectively control for avoid deviations and than hope from costumer gets good servise. While disadvantage factor impelement GCG in Telecom Malang that is lack of ability from employees Telecom Malang in interpreting GCG concept, the presence of partners who are not disciplined of loan and lack of public confidence to telecom products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/297/051404554
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Aug 2014 10:10
Last Modified: 24 Oct 2021 11:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116395
[thumbnail of NOVITA_WULAN_SARI_105030101111060.pdf]
Preview
Text
NOVITA_WULAN_SARI_105030101111060.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item