Intensifikasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Wilayah Singosari (Studi Penelitian pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendapatan Singosari)

Aditama, Ferta Ayu (2014) Intensifikasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Wilayah Singosari (Studi Penelitian pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendapatan Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UPTD Dinas Pendapatan Singosari telah berupaya untuk melakukan pelayanan yang terbaik dalam hal pemungutan Pajak bumi dan Bangunan (PBB). Salah satunya adalah pelayanan melalui 6 hari kerja yang dilakukan hari senin-sabtu guna memberikan kemudahan pelayanan bagi wajib pajak dalam melaporkan pajaknya. Pelayan dalam hal pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan diharapkan mampu meningkatkan tingkat kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPPT PBBnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui cara memperoleh informasi dan kejelasan tentang PBB bagi masyarakat untuk mengetahui sistematika pelayanan fiskus terhadap wajib pajak tentang PBB dan Untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan fiskus dalam mendapatkan kepercayaan wajib pajak agar patuh terhadap kewajiban perpajakannya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2014 di UPTD Dinas Pendapatan Singosari Malang, dengan melakukan pengamatan langsung dan wawancara kepada wajib pajak yang sudah memiliki kewajiban membayar PBB. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh UPTD Dinas Pendapatan Singosari dengan pendekatan informasi/komunikasi upaya pelayanan dan kepercayaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPPT PBB. Hasil analisis yang dilihat dari segi informasi/komunikasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kejelasan wajib pajak dalam pemahaman yang dilakukan melalui baliho dan internet. Upaya pelayanan 6 hari kerja dan sosialisasi memiliki pengaruh paling dominan diantara variabel lainnya terhadap kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPPT PBB. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Intensifikasi sudah dilakukan dengan baik dalam 2 bentuk, yakni aspek psikologis dan aspek yuridis. Aspek psikologis meliputi: penyuluhan, pelayanan, dan pemeriksaan, dan aspek yuridis meliputi:pelaporan, perhitungan, dan pembayaran. Jika dilihat dari proses penyuluhan dari aparatur pajak dengan membina masyarakat melalui berbagai upaya, antara lain pemberian penyuluhan pengetahuan perpajakan baik melalui media massa maupun penerangan langsung kepada masyarakat. Disarankan sebaiknya aparat pajak lebih memberikan cara ekstra penyuluhan atau pembinaan, pelayan tentang Pajak kepada WP, maupun upaya yang dilakukan fiskus untuk mendapatkan kepercayaan dari WP.

English Abstract

UPTD Dinas Pendapatan Singosari has done more effort to the best services in term of Land Tax collection. One of services that done is only giving services through 6 days started from Monday until Saturday in order to give service easier for Taxpayer who want to report their tax. Public Servant is expected can increase Tax Compliance of Taxpayer when they want to report tax return of land tax which is called SPPT PBB. The Purpose of this study is only for understanding on how to get information clearly about Land Tax for societies and give understanding to societies on how fiscus services systematically. That but also giving understanding what kind of effort that done by fiscus to gain trust coming from Taxpayer in order to obey upon their responsibility.This research was conducted on January 2014 by observing directly and conducting interview to Taxpayer that have responsibility to pay Land Tax in UPTD Dinas Pendapatan Singosari Malang. The result of this research showed that service which is given by UPTD Dinas Pendapatan Singosariwith information or communication approach have a significant influence toward tax compliance in order to report tax return of Land Tax. This analysis that is seen by information and communication approach has a significant influence toward understanding of Taxpayer that directed in advertisement and internet. The effort that done by office in conducting public services for 6 days and socialization have a dominant influence toward tax compliance to report Tax Return of Land Tax The conclusion of this study is that intensification which is done by office is properly correct in two ways which are psychology aspect and juridical aspect. Psychology aspect included socialization, service, investigation and juridical aspect included reporting, calculating and payment. If it would be seen in socialization process by empowering society trough advertisement in mass media, it would be better by giving more socialization and empowerment to gain trust from Taxpayer.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/286/051404420
Uncontrolled Keywords: intensifikasi pemungutan PBB, penyampaian informasi/komunikasi, upaya pelayanan, tingkat kepercayaan wajib pajak terhadap fiskus; intensification of Land Tax Collection,communication and information transfer,service .The trust of Taxpayer to fiscus
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.22 Real property taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 Aug 2014 15:25
Last Modified: 12 Nov 2021 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116384
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item