Analisis Pengelolaan Modal Kerja Pada Kas Dan Piutang Untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus Pada Koperasi Sari Apel Brosem Batu Tahun 2011-2013)

Akrom, Akhmad Ardin (2014) Analisis Pengelolaan Modal Kerja Pada Kas Dan Piutang Untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus Pada Koperasi Sari Apel Brosem Batu Tahun 2011-2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mengenai pengelolaan modal kerja pada kas dan piutang untuk meningkatkan profitabilitas pada Koperasi Sari Apel Brosem. Terlalu banyaknya modal kerja yang tertanam pada kas dan piutang sehingga memperkecil Koperasi Sari Apel brosem dalam menciptakan tingkat profitabillitas yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan modal kerja pada kas dan piutang Koperasi Sari Apel Brosem dan mengetahui bagaimana pengelolaan modal kerja pada kas dan piutang yang efektif untuk meningkatkan profitabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber penelitian adalah data sekunder berupa dokumen-dokumen meliputi data mengenai gambaran umum perusahaan dan laporan keuangan koperasi selama tiga tahun. Berdasarkan analisis yang dilakukan, terdapat permasalahan selama tahun 2011-2013 yaitu pada kas koperasi mengalami kondisi kas yang terlalu tinggi hal tersebut menandakan adanya over investment. Sedangkan piutang, pada tahun terakhir koperasi mengalami keterlambatan dalam pengumpulan piutang yang ditunjukkan dari penurunan perputaran piutang dan periode pengumpulan piutang. Selain itu, tingkat profitabilitas koperasi yaitu OPM, NPM, ROI dan ROE mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Upaya peningkatan profitabilitas melalui pengelolaan modal kerja pada kas dan piutang yang efektif dilakukan dengan cara penerapan kebijakan baru yang telah ditetapkan yaitu menentukan saldo kas optimum dan mempercepat periode pengumpulan piutang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah setelah dilakukan pengelolaan modal kerja pada kas dan piutang yang efektif, diketahui bahwa profitabilitas koperasi cenderung meningkat. Ini terlihat pada rasio GPM, OPM, NPM, ROI dan ROE yang terus meningkat dari tahun lalu.

English Abstract

The research is based on prombles concerning the management of working capital on cash and receivables to increase profitability in Coorperative Sari Apel Brosem. Too many working capital embedded in cash and accounts receivable so far Cooperative Apel Brosem profitabilitas in creating an optimal level. This research aims are to know how the management of working capital on cash and receivables Cooperative Apel Brosem and used to know how to manage working capital in cash and receivables are effective for improving profitability. The method used in this research is descriptive method with a case study approach. The sources of this research is secondary data from the documents include a general overview about the company and the coperative’s financial statements for three years. Based on the analysis performed, there was a problems during the years 2011-2013 on cash the cooperative, the cash experiencing conditions that are too high it indicates the presence of over-investment. While receivables, in recent years the cooperative experience delays in collecting receivables shown a descrease in turnover of receivables and receivables collection period. In addition, the level of profitability od the coorporative that OPM, NPM, ROI and ROE has decreased from year to year. Efforts to increase profitability through the management of working capital on cash and receivables effectively done by application of new policies that have been established which determine the optimum cash balance and accelerate receivables collection period. The conclusion of this study is after the working capital management of cash and receivables are effective, it is known that cooperatives tend to increase profitability. It looks at the ratio of GPM, OPM, NPM, ROI and ROE increased form last year.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/276/051404410
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.152 Management of financial operations > 658.152 4 Procurement and management of specific kinds of capital > 658.152 44 Working capital
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 Aug 2014 15:32
Last Modified: 11 Nov 2021 17:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116373
[thumbnail of Analisis_Modal_Kerja_pada_Kas_dan_Piutang_untuk_Meningkatkan_Profitabilitas.pdf]
Preview
Text
Analisis_Modal_Kerja_pada_Kas_dan_Piutang_untuk_Meningkatkan_Profitabilitas.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item