Analisis Sistem Dan Prosedur Persediaan Bahan Habis Pakai Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus Pada PT. Wiranas Laundry and Dry Clean).

Putri, AnastasyaHerwinantiKusuma (2014) Analisis Sistem Dan Prosedur Persediaan Bahan Habis Pakai Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus Pada PT. Wiranas Laundry and Dry Clean). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persediaan bahan habis pakai merupakan kegiatan dalam perusahaan jasa mulai dari pembelian, penerimaan dan penyimpanan barang di gudang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa sistem dan prosedur akuntansi persediaan bahan habis pakai PT. Wiranas Laundry and Dry Clean dalam upaya meningkatkan pengendalian intern perusahaan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis sistem persediaan, analisis peranan pengendalian intern yang terdiri dari struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, praktik yang sehat, pegawai yang cakap, dan mengevaluasi data yang dikumpulkan dan dibandingkan dengan teori. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa prosedur pencatatan harga pokok persediaan yang dilakukan oleh PT. Wiranas Laundry and Dry Clean masih terdapat kekurangan. Hal ini dibuktikan karena masih terdapat perangkapan fungsi pada bagian gudang. Bagian gudang melakukan fungsi pembelian, penerimaan, dan penyimpanan sekaligus. Perangkapan fungsi tersebut dapat menyebabkan terjadinya kelalaian atau kecurangan. Pada prosedur sistem penghitungan fisik persediaan yang dilakukan PT. Wiranas Laundry and Dry Clean, penghitungan fisik dilakukan hanya sekali, sehingga hasil penghitungan kurang bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu yang melakukan penghitungan adalah orang-orang yang berasal dari bagian gudang, padahal bagian tersebut yang akan dievaluasi. Hal ini dapat menyebabkan lemahnya pengendalian intern. Pemisahan fungsi pada bagian gudang, membentuk fungsi pengecek, melakukan penghitungan ulang merupakan cara yang digunakan untuk meningkatkan pengendalian intern pada PT. Wiranas Laundry and Dry Clean.

English Abstract

Consumables inventory is an activity in service companies ranging from purchasing, receiving, and storing goods in a warehouse. The purpose of this research was to describe and analyse the system and procedure consumables inventory accounting of PT. Wiranas Laudry and Dry Clean’s in an effort to improve the company’s internal control. This research is a descriptive research with case study approach, through interview, observation, and documentation. Data analysis used were, inventory system analysis, internal control’s function analysis consist of company’s structure, authorization of system recording procedures, healthy practices, qualified employees, and to evaluate the collected data and comparing them with theory. Based on research conducted, can be noted that there are shortages in recording procedures of inventory cost at PT. Wiranas Laundry and Dry Clean. It’s proven because there are geminating functions in the warehouse. Warehouse performs functions of purchasing, receiving, and storing as well. The function geminating can to negligence or fraud. In inventory physical accounting system and procedures performed by PT. Wiranas Laundry and Dry Clean, physical count is done once, so the tally less can be justified. Besides, the people doing the counting are the warehouse’s people, while the parts that will be evaluated were the warehouse itself. It can lead to weak internal control. Separation functions in the warehouse, shaping function checker, and a recount are the methods used to improve the internal control at PT.Wiranas Laundry and Dry Clean.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/257/051404032
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jul 2014 14:13
Last Modified: 24 Oct 2021 10:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116352
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item