Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi Pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya)

Rahmah, Yanti Dwi (2014) Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi Pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 kota Surabaya telah melaksanakan program sekolah Adiwiyata sejak tahun 2007 hingga tahun 2013. Dalam pelaksanaannya, sekolah tersebut lolos dalam seleksi tahap kota dan untuk tahap selanjutnya mengalami ketidakberhasilan dalam mencapai penghargaan Adiwiyata. Untuk mengetahui sebab-sebab ketidakberhasilan sekolah tersebut dalam menacapai penghargaan Adiwiyata maka dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode analisis yang digunakan adalah melalui metode interaktif Miles dan Huberman. Dalam metode analisis ini terdapat tiga tahapan penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi program sekolah Adiwiyata yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 kota Surabaya terdapat empat program yang dilakukan antara lain komposter; takakura; pembibitan dan program 4R. Program tersebut dijalankan oleh sekolah tersebut berdasarkan komponen yang ada dalam program sekolah Adiwiyata antara lain kebijakan berwawasan lingkungan; pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan; kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Namun dalam penerapan program tersebut terdapat faktor pendukung internal yakni sumber daya manusia yang mumpuni dan adanya visi, misi, fungsi serta pengelolaan anggaran yang baik. Faktor pendukung eksternal ialah adanya pihak wali murid dan pemberian BOSDA yang mendukung program tersebut. Namun terdapat penghambat internal dalam implementasi program sekolah Adiwiyata yaitu tenaga pendidik yang kurang kompak dan faktor penghambat eksternal adalah adanya renovasi gedung yang membuat ketidakberhasilan dalam mencapai penghargaan Adiwiyata. Oleh karena itu, diperlukannya tenaga pendidik yang saling bekerja sama dengan mengadakan pelatihan diluar jam kerja dengan tujuan mempererat kekompakkan. Sehingga keseriusan dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan di sekolah tercipta serta mampu mencapai penghargaan Adiwiyata.

English Abstract

The research based on SDN Manukan Kulon III/540 Surabaya which conduct an Adiwiyata school program since 2007 until 2013. In their implementation, the school was qualified on city phase selection but failed in the next around. So to figure why the school was failed to achieve Adiwiyata award, the researcher use qualitative method with descriptive approaches. For analysys method , the researcher use Miles and Huberman methode which has 3 step that called data reduction, data representation, and conclusion. The results showed that the implementation of the program conducted by the school Adiwiyata Elementary School Surabaya Manukan Kulon III/540 there are four programs, there are Komposter; Takakura; Nursery and 4R program. Those programs based on components in Adiwiyata school program include environmental policy; implementation of environment-based curriculum; participative environmental activity and good environmental tools. However, the program also has good human resources as an internal supporting and the vision, mission, functions and good budget management. External support factors are all the students parents with their BOSDA that support the program. Thw researcher found an inhibitor factor this program. That is all the school educators are not solid to work each other and external limiting factor is the school building renovation which can make this school not win or fail in achieving Adiwiyata award. While the educators must be work together make some training to build strong togetherness relationship in their offday. However, its need good prevertion and conservation of school environment that could achieve Adiwiyata award.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/251/051403982
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan, Sekolah Dasar, Adiwiyata; Implementation, Education, Elementary School, Adiwiyata
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 18 Jul 2014 08:42
Last Modified: 11 Nov 2021 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116346
[thumbnail of YANTI_DWI_RAHMA_(105030100111002).pdf]
Preview
Text
YANTI_DWI_RAHMA_(105030100111002).pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item