Analisis Pengelolaan Kredit untuk Meningkatkan Likuiditas dan Profitabilitas (Studi pada PT. BPR Wlingi Pahala Pakto)

Anggraeni, RahmadewiK (2014) Analisis Pengelolaan Kredit untuk Meningkatkan Likuiditas dan Profitabilitas (Studi pada PT. BPR Wlingi Pahala Pakto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelolaan kredit sangat penting bagi lembaga keuangan terkait dengan pengelolaan dana yaitu mulai dari kredit disalurkan sampai dengan kredit tersebut lunas, sehingga apabila pengelolaan dilakukan dengan maksimal maka resiko kredit macet dapat dihindarkan sehingga likuiditas dan profitabilitas BPR meningkat. Melakukan pengelolaan kredit berarti melaksanakan fungsi–fungsi manajemen, dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kredit yang diterapkan PT. BPR Wlingi Pahala Pakto dan mengetahui bagaimana pengelolaan kredit yang efektif untuk meningkatkan likuiditas dan profitabilitas BPR. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari dua tahapan yaitu analisis manajemen kredit yang terdiri dari perencanaan kredit, organisasi dan manajemen kredit, proses persetujuan kredit, dokumen dan administrasi kredit, pembinaan dan pengawasan kredit, penyelesaian kredit bermasalah dan analisis rasio likuiditas dan profitabilitas. Pengelolaan kredit yang diterapkan pada PT. BPR Wlingi Pahala Pakto masih kurang efektif, masih ada kinerja BPR yang belum optimal. Wilayah kerja yang dimiliki BPR masih kurang luas, analisis yang digunakan dalam menganalisis calon nasabah dalam prakteknya hanya menerapkan prinsip character dan collateral, dan pada tugas account officer terjadi penumpukan tugas, dimana account officer melakukan tugas ganda yaitu menganalisis calon nasabah dan melakukan pembinaan serta pengawasan kredit bermasalah. PT. BPR Wlingi Pahala Pakto sebaiknya menambahkan wilayah kerja agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis di sekitar. BPR dalam menganalisis calon nasabah sebaiknya menerapkan keseluruhan prinsip 5C (character, capacity, capital, collateral, dan condition of economi) agar analisis yang dilakukan lebih efektif. Tugas melakukan analisis calon nasabah serta pembinaan dan pengawasan terhadap kredit bermasalah sebaiknya dipisahkan, hal ini untuk menghindari terjadinya kecurangan sehingga kredit yang diberikan dapat terjamin dan tingkat likuiditas dan profitabilitas perusahaan baik dan meningkat.

English Abstract

Credit management is a very important matter for the financial agency which is entrusted to manage the fund starting from the issuance of credit to the finalization of credit. If management works favorably, then risk of defaulted credit is avoided and hereby, liquidity and profitability of BPR will improve. Credit management means that some functions of management are conducted such as planning, organizing, implementing, and supervising the credit. The objectives of research are to understand credit management applied by PT. BPR Wlingi Pahala Pakto and to acknowledge how credit management is effective to improve liquidity and profitability of BPR. Research type is descriptive. Data analysis method is documentation. Two stages are considered. One is analysis over credit management which includes activities such as credit planning, credit organization and management, credit approval, credit documentation and administration, credit counseling and supervising, and defaulted credit resolution. Other stage is analysis over liquidity and profitability ratios. Credit management applied at PT. BPR Wlingi Pahala Pakto is still less effective. Some performances of BPR are less optimal. Work region of BPR is not extensive. The analysis used to analyze customer candidate is only applying principles of character and collateral. Moreover, account officer’s assignment is overburdened because account officer has double task, in which they have to analyze customer candidate and to monitor the defaulted credit. PT. BPR Wlingi Pahala Pakto may add their work region to compete against other companies around. BPR shall do analyzing customer candidate by applying the principle of 5C (character, capacity, capital, collateral and condition of economy) such that analysis is more effective. The analysis of customer candidate and the fostering and also supervising the defaulted credit are closely related and also inseparable. This relationship remains a matter to avoid fraud such that the issued credit is well guaranteed and the liquidity and profitability rates of company will be better and improving

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/247/05140397
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Jul 2014 13:46
Last Modified: 24 Oct 2021 10:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116341
[thumbnail of Rahmadewi_Kesuma_Anggraeni_(105030200111018)-SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
Rahmadewi_Kesuma_Anggraeni_(105030200111018)-SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item