Putri, Elizabeth Olivia (2014) Analisis Efektivitas Kebijakan Kredit Untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi pada PT. BPR Armindo Kencana Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perbankan mempunyai peran yang sangat penting karena berfungsi sebagai lembaga penghimpun dan penyalur dana melalui produk yang ditawarkan pada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Bank harus memperhatikan asas-asas perkreditan yang sehat sebagai wujud pelaksanaan kredit, oleh karena itu dibutuhkan kebijakan kredit yang tepat untuk meningkatkan pendapatannya pada sektor kredit. Kebijakan kredit mempunyai peran sebagai panduan dalam pelaksanaan semua kegiatan perkreditan bank, sehingga kebijakan kredit harus dilaksanakan secara efektif. Efektivitas kebijakan kredit adalah kemampuan bank dalam mengikuti ketentuan-ketentuan secara konsisten yang dijadikan pedoman dalam menyalurkan kredit sehingga kesepakatan antara bank dan debitur dapat berjalan baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bank terkadang kurang cermat, efektif, dan konsisten dalam menerapkan kebijakan kredit. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya penyalahgunaan kredit oleh debitur yang memiliki integritas kurang baik, serta dapat menimbulkan kredit bermasalah yang dapat mempengaruhi profitabilitas bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kebijakan kredit dalam meningkatkan profitabilitas pada PT. BPR Armindo Kencana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan kredit yang diterapkan PT. BPR Armindo Kencana dapat dikatakan efektif meskipun pada penerapan prinsip kehati-hatian dalam perkreditan serta pengawasan kredit kurang ketat, namun hal tersebut tidak mempengaruhi hasil perhitungan rasio profitabilitas. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan rasio profitabilitas periode tahun 2010 sampai dengan tahun 2012 yang terdiri dari GPM, NPM, ROE, Net Income Total Assets, dan Rate Return on Loans secara keseluruhan dapat dikatakan baik karena pencapaian persentase rasio profitabilitas berada pada batas ketentuan Bank Indonesia. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya pada tahap survei saat proses persetujuan kredit, dilakukan wawancara lebih mendalam tidak hanya saat pemohon datang ke kantor tetapi juga kunjungan pada tempat usaha pemohon kredit dan juga ke rumah pemohon, dan kebijakan kredit sebaiknya diterapkan secara efektif dan konsisten sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia agar efektivitas kebijakan kredit dapat tercapai sehingga profitabilitas dapat meningkat.
English Abstract
Banking has the important role as an institution which collects and distributes fund trough the product it offers to the public to increase the society’s prosperity. Bank should pay attention to the healthy credit principles as the form of credit accomplishment, therefore the right credit policy is needed to increase their income on credit sector. Credit policy is the guidance in accomplishing every credit activity of a bank, so that credit policy has to be performed effectively. Credit policy effectiveness is the bank ability in following the guidance rules consistently when distributing credit so the agreement between the bank and the debtor goes well and the goal can be reached. Sometimes bank is not really careful, effective, and consistent in applying credit policy. This can cause manipulation happened by the debtor who has less integrity, and also non performing loans that affects the bank profitability. This research is aiming to know the credit policy effectiveness to increase the profitability at PT. BPR Armindo Kencana. The research type is description research. Data resources are primary and secondary data. Data collection technique is using interview and documenting. Based on the research results, credit policy being applied at PT. BPR Armindo Kencana is effective although there are some loosen implementation on awareness principles of credit and credit control, but these don’t affect the result of profitability ratio. The results show that the profitability ratio calculation on 2010 period until 2012 period consist of GPM, NPM, ROE, Net Income Total Assets, and Rate Return on Loans overall are good because profitability ratio percentage achievement are on Bank of Indonesia rule limit. Given recommendation for this research are when doing survey phase before credit is approved, better go do deeper interview not only when the debtor comes to the office but also go do home visit, and credit policy has to be applied more effective and consistent as the rule of Bank of Indonesia in order to gain the credit policy effectiveness and increase the profitability.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/246/051403977 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 13:39 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 04:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116340 |
Preview |
Text
skripsi.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |