Pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Image serta dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia)

Putra, MuhammadIkhsan (2014) Pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Image serta dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Globalisasi yang terjadi saat ini berdampak pada pergeseran ekonomi dunia yang menyebabkan perkembangan teknologi komunikasi secara cepat sehingga berdampak terhadap sistem komunikasi yaitu Smartphone, lahirnya Smartphone sangat berpengaruh terhadap perkembangan Instant messenger. Sektor bisnis Instant Messenger saat ini berkembang pesat di kawasan Asia, persaingan didominasi oleh LINE (Jepang), KakaoTalk (Korea selatan), WeChat (China), BBM (Kanada) dan WhatsApp (Amerika Serikat), layanan saling bersaing mendapatkan pelanggan. Salah satu strategi yang dilakukan oleh penyedia layanan Instant Messenger adalah penyampaian informasi dengan menayangkan iklan atau integrasi selebitas pada produk dengan menggunakan brand ambassador sebagai sarana promosi. Strategi ini dilakukan untuk mempengaruhi dan mengajak konsumen menggunakan produknya. Tak terkecuali bagi LINE Corporation, produsen instant messenger yang berpusat di Jepang. Strategi ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk bersaing karena semakin banyak Instant Messenger bermunculan yang ingin merebut pasar Instant Messenger dunia, khusunya di Asia. Sebagai pemasar Internasional LINE patut mengetahui karakteristik pasar serta budaya setiap negara target pasarnya. Dengan menerapkan brand ambassador sebagai bentuk komunikasi untuk meningkatkan brand image, sehingga mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan populasi yakni user loyal LINE sebanyak 136 responden dari 112 minimum sampel, melalui penyebaran kuesioner di Lima negara tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis path dan uji annova dengan menggunakan program SPSS 17.0. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,605 yang berarti bahwa variabel bebas brand ambassador menjelaskan variabel terikat brand image dan keputusan pembelian sebesar 60,5% dan sisanya sebesar 39,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji path menunjukkan bahwa variabel brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap variabel brand image dan keputusan pembelian sedangkan hasil uji annova menunjukan perbedaan respon antara Malaysia dan Thailand, Malaysia dan Filipina terhadap brand image sedangkan variabel lain memiliki respon yang sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/244/051403975
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Jul 2014 11:41
Last Modified: 24 Oct 2021 13:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116338
[thumbnail of Skripsi_Fix.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Fix.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item