Analisis Sistem dan Prosedur Penjualan dan Penerimaan Kas dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus pada PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang)

Wardani, WindaKusuma (2014) Analisis Sistem dan Prosedur Penjualan dan Penerimaan Kas dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus pada PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan ketat di berbagai perusahaan produksi pada sektor apapun memberikan dorongan bagi perusahaan untuk menunjukkan dan memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik. Pelayanan yang baik kepada konsumen terkait sistem dan prosedur menjadi salah satu faktor kesuksesan suatu perusahaan. Kemudahan dalam memberikan pelayanan harus diimbangi dengan pengendalian internal perusahaan yang baik. Hal ini dikarenakan bahwa perusahaan dapat meningkatkan kualitas kerja, menjaga harta kekayaan, dan menerapkan praktek sehat pada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kasus pada perusahaan yang melakukan perakitan sepeda motor. Penelitian ini dilakukan atas dasar kegiatan komplek yang dilakukan pada PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang. Pelaksanaan penelitian memfokuskan pada kegiatan penjualan dan penerimaan kas. Penjualan pada perusahaan ini terdiri dari penjualan unit secara kredit, penjualan spare part secara tunai, penjualan spare part secara kredit, dan penjualan barang promosi secara kredit. Penjualan tunai dan kredit tersebut menciptakan dua macam bentu penerimaan kas yaitu penerimaan kas dari penjualan tunai dan penerimaan kas dari piutang. Kegiatan penjualan dan penerimaan kas pada perusahaan ini melibatkan berbagai fungsi di struktur organisasi. Penjualan dan penerimaan kas dilakukan pihak showroom dan pelanggan dari produk sepeda motor Happy. Perusahaan memberikan pelayanan penjualan kredit kepada showroom dan penjualan tunai kepada pelanggan yang dapat membeli dengan datang langsung ke counter penjualan. Keragaman dalam kegiatan penjualan dan penerimaan pada PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor menjadikan perusahaan ini perlu mementingkan sistem dan prosedur yang baik dalam mencapai target perusahaan. Pelaksanaan analisis data terhadap sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas mendorong terlaksananya pengendalian intern yang baik di perusahaan. Analisis ini berguna untuk menilai pelaksanaan pembagian tanggung jawab yang jelas, praktek yang sehat, proses pencatatan yang baik, dan pegawai yang cakap. Berdasarkan penyajian data dan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat menunjukkan bahwa sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas pada PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor masih terdapat kelemahan-kelemahan dalam mendukung pelaksanaan pengendalian intern perusahaan. Tetapi perusahaan memiliki faktor pendukung yang dapat ditingkatkan dalam memperbaiki kelemahan dalam pengendalian intern perusahaan.

English Abstract

Intense competition occurs in various production companies in all sectors. this makes the company to demonstrate and provide the best service and quality. Good service to the customer associated systems and procedures is one of the success factors of a company. Ease of providing services must be balanced with a good internal control. This is because that the company can improve the quality of work, maintaining property, and implement healthy practices at the company. This research is a case study on a company that does motorcycle assembly. The research was conducted on the basis of complex activities at PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang. Implementation research activities focus on sales and cash receipts. Sales at the company consists of the sale of units of credit, cash sales of spare parts, sales on credit of spare parts, and sale of promotion goods on credit. Cash and credit sales are creating two forms of cash receipts are cash receipts from cash sales and cash receipts from receivables. Event sales and cash receipts in the company involves various functions in the organization structure. Sales and cash receipts do the showroom and customer of Happy motorcycle products. The company provides services to the credit sales showroom and cash sales to customers who can buy by coming directly to the sales counter. The diversity in the activities of the sales and receipts at PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang makes this company needs to be concerned with good systems and procedures to achieve its targets. The implementation of the system and data analysis of sales and cash receipts procedures encourage the implementation of good internal control in the company. This analysis is useful to assess the implementation of a clear division of responsibilities, the practice of healthy, good recording process, and qualified staff. Based on data presentation and data analysis that has been done, it can indicate that the system and procedures of sales and cash receipts in PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang there are still weaknesses in supporting the implementation of the companys internal control. But the company has a supporting factor can be increased to improve the companys internal control weaknesses. .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/236/051403935
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Jul 2014 13:25
Last Modified: 24 Oct 2021 10:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116329
[thumbnail of SKRIPSI_WINDA_KUSUMA_WARDANI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_WINDA_KUSUMA_WARDANI.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item