Pelaksanaan Pelayanan Satu Pintu Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD dr. Saiful Anwar Malang Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Yunita, ElindaDian (2014) Pelaksanaan Pelayanan Satu Pintu Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD dr. Saiful Anwar Malang Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian skripsi ini, penulis mengambil judul: Pelaksanaan Pelayanan Satu Pintu Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD dr. Saiful Anwar Malang Untuk Meningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan, dengan latar belakang RSUD dr. Saiful Anwar merupakan salah satu intalasi milik pemerintah yang bergerak dalam bidang pemberian pelayanan kesehata. Pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit, salah satunya adalah pelayanan satu pintu pada instalasi rawat jalan. Pelayanan pada instalasi rawat jalan yang ada di RSUD dr. Saiful Anwar Malang menggunakan sistem pelayanan satu pintu yang berpedoman pada PERMENDAGRI Nomor 24 Tahun 2006. Dalam pemberian pelayanan kesehatan pada pasien, RSUD dr Saiful Anwar juga mengacu pada asas-asas pelayanan publik yag tercantum dalam KEPMENPAN Nomor 36 Tahun 2003. Dalam pelaksanaan pelayanan satu pintu pada instalasi rawat jalan, permasalah yang sering terjadi berkaitan dengan pemberian pelayanan yang dilakukan oleh petugas, dan ketepatan waktu dalam pemberian pelayanan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada instalasi rawat jalan, rumah sakit melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kualitas pelayanan serta memenuhi keinginan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis pelaksanaan pelayanan satu pintu pada instalasi rawat jalan yang ada di RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekat kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pelayanan; 2) Kualitas pelayanan; serta 3) Faktor pendukung dan penghambat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan pelayanan satu pintu pada instalasi rawat jalan di RSUD dr. Saiful Anwar Malang adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dengan melihat proses, persyaratan, serta sarana dan prasarana dalam pemberian pelayanan. Aktor yang terlibat dalam pelaksanaan pelayanan ini adalah pemerintah, swasta, dan masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, rumah sakit melakukan beberapa upaya guna meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya dengan memperbaiki sarana dan prasarana. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan juga diukur dari tingkat kepuasan masyarakat yang menerima pelayanan dengan metode SWOT, dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Dalam pelaksanaannya, terdapat faktor pendukung dan penghambat, salah satu faktor pendukung adalah adanya kerjasama pihak rumah sakit dengan beberapa penyelenggara asuransi kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan satu pintu di RSUD dr. Saiful Anwar Malang salah satunya adalah masih lamanya antrian pasien di poli-poli kesehatan.

English Abstract

The title of this final paper is “The Implementation of One-Door Service for Outpatient Installation in RSUD dr. Saiful Anwar Malang to Improve Health Service Quality”. The background of research is RSUD dr. Saiful Anwar Malang because it is a government-owned facility which is designed to provide health service. One health service in this hospital is one-door service at outpatient installation. Such service is provided in pursuance of PERMENDAGRI No. 24 of 2006. During the delivery of health service to the patient, RSUD dr. Saiful Anwar Malang emphasizes on principles of public service as stated in KEPMENPAN No. 36 of 2003. Problems related to the implementation of one-door service at outpatient installation are less appropriate service by the officer and lack of punctuality of service delivery. The improvement of service quality at outpatient installation can be ensured if hospital does some measures to improve service quality and to respect community interest. The objectives of research are to understand, to describe and to analyze the implementation of one-door service at outpatient installation in RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Research method is descriptive with qualitative approach. Focus of research includes (1) the implementation of service, (2) quality of service, and (3) the supporting and constraining factors. Data collection technique involves observation, interview, and documentation. Result of research indicates that the goals of the implementation of onedoor service at outpatient installation in RSUD dr. Saiful Anwar Malang are to improve health service quality, to fulfill the process and requirement, and to keep optimum usage of structure and infrastructure of service delivery. The actors who are involved within this service delivery are government, private and community. Hospital can do some actions to improve service quality, and one of them is by improving structure and infrastructure. The increase of health service quality is measured by satisfaction rate of people to the service using SWOT Method. This method is useful to examine strength, weakness, opportunity and threat of RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Furthermore, there are supporting and constraining factors related to service delivery. The supporting factor is the cooperation between hospital and the public or private organizer of health insurance. The constraining factor against one-door service delivery in RSUD dr. Saiful Anwar Malang is the long waiting line of patient in health polyclinics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/223/051403796
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 16 Jul 2014 09:56
Last Modified: 22 Oct 2021 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116315
[thumbnail of PDF_SKRIPSI_ELINDA.pdf]
Preview
Text
PDF_SKRIPSI_ELINDA.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item