Putra, IrfanKharisma (2014) Implementasi Corporate Social Responsibility(CSR) dan Dampaknya Terhadap Keberlangsungan Bisnis Perusahaan Multinasional (Studi Pada PT. Newmont Nusa Tenggara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya pendapat bahwa saat ini konsep Corporate Social Responsibility (CSR) sudah mengalami pegeseran makna dimana dahulunya konsep CSR hanya bersifat kesukarelaan (Valuntary) dan sekarang bergeser menjadi kewajiban (Mandatory). Konsep CSR sekarang ini juga banyak menuai pro dan kontra. Persoalannya yang dihadapi saat ini bukan lagi berasal dari aspek sosial saja, tetapi sudah berubah menuju aspek persaingan bisnis. Hal ini yang membuat CSR tidak lagi dipandang sebagai keterpaksaan, melainkan untuk investasi jangka panjang bagi perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Fokusnya yang pertama adalah Implementasi dari CSR yang dilakukan oleh PT.NNT melalui divisi Community Developmment (Comdev) kepada lingkungan sekitar perusahaan yang kedua menekankan pada faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi CSR. Ketiga menjelaskan mengenai dampak dari implementasi CSR terhadap keberlangsungan bisnis perusahaan multinasional. Hasil dari penelitian ini, bahwa konsep CSR yang dilakukan oleh PT.NNT merupakan bentuk kebutuhan yang memang harus dilakukan oleh perusahaan tertsebut. PT.NNT memposisikan CSR sebagai bagian dari perusahaan. PT.NNT melalui divisi Comdev secara keseluruhan sudah memenuhi dari indikator yang telah ditetapkan dokumen renstra dalam pengimplementasian CSR. Pencapaian dimasing-masing bidang dapat dikatakan sudah sangat memberikan dampaknya terhadap lingkungan perusahaan. Disisi lain perkembangan pesaingan bisnis yang terjadi saat ini membuat paradigma yang baru yaitu konsep CSR merupakan bentuk strategi bisnis. Konsep sebuah CSR saat ini memang sudah seharusnya diterapkan oleh seluruh perusahaan dan dengan menerapkan konsep CSR maka perusahaan dapat memberikan nilai atau value lebih, jika perusahaan menganggap bahwa CSR merupakan prioritas utama yang dijadikan sebagai kebutuhan perusahaan tersebut, jadi perlu adanya pembeda bagi perusahaan yang menerapkan CSR. Perusahaan dan pemerintah harus benar-benar menentukan kebijakan yang selaras mengenai pengaturan CSR, agar tidak terjadi permasalahan yang dapat merugikan salah satu pihak. Jangan sampai masyarakat yang dirugikan karena beberapa kebijakan yang tidak selaras tersebut.
English Abstract
This research was conducted based on the number of opinions who said that the current concept of Corporate Social Responsibility (CSR) has been experienced a change of meaning where previously CSR (Corporate Social Responsibility) is only voluntary and it now turned into liabilities (mandatory). The concept of CSR is now also gain a lot of pros and cons. The problem faced is no longer only comes from the social aspect, but it has been also changed to the aspect of business competition. This makes CSR is no longer seen as a compulsion, but concept of CSR aims for long-term investment for the company. This research used descriptive qualitative method by used a case study approach. The first focus of this research is the implementation of CSR conducted by PT.NNT through division of community development to the environment around company. The second focus emphasis on the supporting factors and the obstacles in the implementation of CSR. The third, describes the impact of the implementation of CSR to business continuity of multinational companies. The results of this study explain that the concept of CSR conducted by PT.NNT is an activity that it needs to be done. PT.NNT position CSR as part of the company. PT.NNT through the Community Development division has overall met predefined indicators that have been set by strategic planning documents in the implementation of CSR. It can also said that their achievement in each of the fields have been given an effect to the corporate environment. On the other hand, the development of a business competition that occurs at this time made a new paradigm that the concept of CSR which previously is only voluntary, it now turned into liabilities (mandatory). The currently concept of CSR should be applied by all companies and by apply the concept of CSR, the company can provide more value. If the company considers CSR as a top priority of companys needs, so there needs to be a differentiator for companies that implement CSR. The company and the government should really determine the policies that were supportive CSR settings, in order to avoid problems that could harm either party. Do not let society be harmed as some policies are not in tune.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/222/051403795 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 16 Jul 2014 09:33 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116314 |
Preview |
Text
Pernyataan_Orisinalitas_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
surat_riset.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Skripsi_-_final_check.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
CV-1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_GAMBAR_dan_BAGAN_docx.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
MOTTO.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN_PERSEMBAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Kata_Pengantar.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |